11 PRINSIP DAKWAH SALAFIYYAH

Senin, 02 Juni 2014

Berikut ini adalah prinsip-prinsip Dakwah Salafiyyah yang telah praktekkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersama para sahabat radhiyallahu 'anhum ajma'iin.
1. Mengajak Umat Manusia Agar Berpegang Teguh Kepada Al-Qur'an Dan As-Sunnah Dengan Manhaj (pemahaman) Generasi As-Salafus Sholih (Para Sahabat, Tabi'in, dan Atba'ut Tabi'in).
2. Berdakwah Kepada Aqidah Tauhid Dan Mengihklaskan Amalan Hanya Karena Allah Ta'ala.
3. Memperingatkan Manusia Dari Segala Macam Bentuk Kemusyrikan.
4. Mengajak Manusia Agar Senantiasa Ber-Ittiba' (Meneladani Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam) Dan Meninggalkan Sikap Taqlid Buta (ikut-ikutan kepada pendapat orang lain tanpa mengetahui dalil syar'inya).
5. Memperingatkan Manusia Dari Segala Macam Bentuk Bid'ah Dan Pemikiran Yang Menyimpang.
6. Bersemangat Dalam Menuntut Ilmu Syar'i.
7. Tashfiyah (Pemurnian Aqidah dan Ibadah dari segala noda syirik, bid'ah, khurofat, dan akhlak yg tercela), Dan Tarbiyah (Mendidik Umat Manusia Di Atas Islam Yang Murni dan Benar).
8. Mengajarkan Kepada Umat Manusia Akhlak Yang Mulia.
9. Memperingatkan Kaum Muslimin Dari Bahaya Hadits-hadits Dho'if dan Palsu Yang Telah Merusak Keindahan Dan Kesempurnaan Agama Islam.

10. Memperingatkan Kaum Muslimin Dari Sikap Fanatisme Dan Hizbiyyah Dengan Segala Bentuknya.

11. Berupaya Memulai Kehidupan Yang Islami Dan Menerapkan Hukum Allah Di Muka Bumi.


(Diterjemahkan oleh Abu Fawaz Asy-Syirboony dari kitab Al-Mukhtashor Al-Hatsiits Fii Bayaani Ushuuli Manhajis Salaf Ashhaabil Hadiits Fii Talaqqid-Diini Wa Fahmihi Wal 'Amali Bihi Wad-Da'wati Ilaihi, karya syaikh kami Isa Malullah Faroj hafizhohullah, hal.166-312).