SERI TERJEMAH KITAB MU’AMALATUL HUKKAM FII DHOU`I AL-KITAB WASSUNNAH

Minggu, 09 Desember 2012


Oleh: Syaikh Abdussalam bin Barjas
(bagian 1)

Syeikh Abdus Salam bin Barjas, Ulama Muda Yang Alim

Beliau ialah Syeikh Abdus Salam bin Barjas bin Nasir Aali Abdil Karim. Lahir di Riyadh tahun 1387 H.

Seorang ahli hadis muda dari Arab Saudi, yang dikatakan oleh para ulama, "Tingkat keilmuannya melebihi umurnya".

Beliau ialah qadi (hakim) di Riyadh dan juga imam masjid dan memiliki halaqah ilmu di tempat beliau jum'atan sehari sebelumnya.

Guru-guru Syeikh Abdus Salam di antaranya ialah Syeikh Abdul Aziz bn Baz, Syeikh Shaleh ibn Utsaimin, Syeikh ibn Jibrin, Syeikh Muhadis Abdullah ibn Duwaisi, Syeikh Shalih ibn Abdurrahman Al-Athram, Syeikh Abdurahman ibn Ghudayan, Syeikh Shalih ibn Ibrahim Al-Balihi, Syeikh Abdulkarim Al-Khudairi dan lainnya.

Tulisannya lumayan banyak, baik berupa takhrij atau lainnya, yang terkenal ialah Mu’amalatul Hukkam fi Dhauil Kitab wa Sunnah yang sangat unik topiknya dan sarat dengan faedah. Beliau telah menulis buku sejak berumur 18 tahun lagi.

Beliau meninggal dunia kerana kecelakaan pada tahun 1425 H / 2004 M. Jenazahnya telah dikebumikan di Riyadh, Arab Saudi, setelah solat Asar di Masjid Abdullah, Dira pada 3 April 2004.

Menurut Abdur Rahman Al-Ghisli, rekan yang hadir di lokasi kecelakaan dan ikut menolongnya, Syeikh Abdus Salam Bin Barjas rahimahullah, mengakhiri hembusan nafasnya dengan melantunkan syahadah.

Semoga amalan baiknya diterima oleh Allah Ta'ala, diampuni dosa-dosanya dan dimudahkan jalannya menuju JannahNya. Amin ya Rabbal 'alamin.


DAFTAR ISI
Mukaddimah.
Pendahuluan
Bab I:
Beberapa Kaidah yang Berkaitan dengan Kepemimpinan
Bab 11:
Kedudukan Tinggi Penguasa dalam Syariat
Bab 111:
Hukum Imamah. Hikmahnya. dan Penjelasan tentang Tujuannya
Pertama. Hukum Imamah
Kedua. Hikmah dari Imamah
Ketiga. Tujuan Imamah
Bab IV:
Kewaj iban Patuh dan Taat pada Selain Kemaksiatan
Bab V:
Anjuran Mengingkari Kemunkaran dan Tata Cara Mengingkari Penguasa
Cara Memprotes Penguasa
Kutipan pertama:
Kutipan Kedua:
Bab VI:
Bersabar Terhadap Kezhaliman Pemimpin
Bab VII:
Larangan Mencaci Maki Penguasa
Yang Pertama Kali Mengecarn Pemimpin Kaum Muslimin
Bab VIII:
Sanksi bagi Provokator dan Penentang Penguasa
Bab IX:
Melaksanakan Ibadah Bersama Penguasa  Shalat Zakat Haji dan Jihad
Bab X:
Disyariatkan Mendoakan Kebaikan untuk Penguasa
Sepucuk Surat Penting
Untaian Kata Mutiara dari Salafus Shalih untuk para Penguasa
dan Pemimpin
Penutup
Daftar Pustaka

---------------------
Mukaddimah

Segala puji bagi Allah. Kita memuji-Nya, memohon pertolongan dan ampunan-Nya. Kita berlindung kepada-Nya dari kejahatan diri dan keburukan perbuatan kita. Barangsiapa diberi petunjuk oleh Allah, maka tidak ada yang bisa menyesatkannya, dan barangsiapa disesatkan-Nya, maka tidak ada yang bisa memberinya petunjuk. Saya bersaksi bahwa tiada llah (yang berhak diibadahi) selain Allah yang tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ (102)
"Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam." (Ali Imran: 102)

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا (1)

"Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Rabbmu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan daripadanya Allah menciptakan istrinya; dan dari keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama- Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu." (An-Nisa: 1)

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا (70) يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا (71)

"Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar, niscaya Allah memperbaiki bagimu amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan barangsiapa menaati Allah dan Rasul-Nya,maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar. " (Al-Ahzab: 70-71)

Ini adalah risalah ringkas berlandaskan pada nash-nash syariat, diperkuat dengan atsar-atsar salaf, yang menjelaskan tentang hukum- hukum bermuamalah (berinteraksi) dengan penguasa kaum Muslimin yang sepatutnya diketahui oleh setiap Muslim di segala waktu dan tempat.

Saya menulis buku ini demi membebaskan diri dari tanggung jawab dan sekaligus memberi nasihat kepada umat. Sebab, dewasa ini, saya melihat masyarakat sangat perlu mengetahui tentang hukum-hukum tersebut, baik untuk mengingatkan atau untuk dipelajari. Karena melupakannya-atau tidak mengetahuinya-merupakan pintu terbesar bagi masuknya berbagai keburukan kepada kaum Muslimin. Ini diketahui oleh siapa saja yang memperhatikan sejarah, dan mengambil pelajaran yang terdapat di dalamnya.
Kepada Allah-lah saya memohon semoga menjadikan risalah ini bermanfaat, dan menjadikannya sebagai amal yang ikhlas karena wajah-Nya yang mulia, mendekatkan kepada-Nya di surga penuh kenikmatan.

Semoga shalawat dan salam terlimpah kepada Nabi kita, Muhammad, segenap keluarga, dan para sahabatnya.

Riyadh, 20 Jumadil Akhir 1415 H.
DR. Abdussalam bin Barjas Ali Abdul Karim