APAKAH BERBILANG-BILANG JAMAAH SEMISAL DENGAN BERBILANG-BILANGNYA PENDAPAT DI DALAM SATU TOPIK FIQIH?

Jumat, 04 Februari 2011

-->

Jawab: Kalau yang dimaksud dengan jama'ah-jama'ah adalah jama'ah-jama'ah islamiyah yang muncul di zaman ini, maka ini tidak sama dengan masalah berbilangnya pendapat di dalam sebuah topik fikih. Karena berbilang pendapat di dalam masalah sebuah topik fikih ini terjadi karena sumbernya adalah ijtihad, maka setiap ulama yang berpendapat di dalam masalah fikih maka akan diberi pahala atas ijtihadnya pada masalah fikih yang ia berijtihad, karena ini adalah masalah yang bersumber dari ijtihad. Demikian pula di dalam masalah-masalah yang mana para mujtahid berselisih tentangnya pada sebuah dalil, maka dia diberi pahala sebagaimana sabda Nabi Shollallohu 'alaihi wasallam "
«إذا اجتهد الحاكم فأصاب فله أجران وإذا اجتهد فأخطأ فله أجر واحد(البخاري (7352)/ مسلم (4584)
jika seorang hakim berijtihad lantas benar maka baginya dua pahala, dan jika dia berijtihad lantas salah maka baginya satu pahala". HR. Bukhori dan muslim
Adapun Jama'ah-jama'ah islamiyah yang ada saat ini maka terjadi perbedaan didalam hal toriqohnya, berbeda dalam hal prinsip-prinsip dan tujuannya dan seterusnya. Pada dasarnya wajib bagi seorang muslim untuk menetapi jama'ah yakni "jama'ah muslimin" sebelum terjadinya perpecahan, maka sesungguhnya perpecahan – perpecahan yang terjadi di umat ini, tidaklah boleh mengakuinya dan menciptakan jama'ah-jama'ah baru, maka yang wajib bagi semua muslim untuk menetapi al-jama'ah sebelum rusaknya al-jama'ah ( yakni jama'ahnya Rosululloh dan para sahabat-pen ).
Dan al-jama'ah yang mana ia berada diatas al-haq Allah tidak meninggalkan dan menjelaskannya dan demikian pula Rosulullah tidak meninggalkan dan menjelaskannya? Tidak, bahkan Allah 'azza wajalla telah menjelaskannya dengan dengan firmannya:
{وَمَنْ يُشَاقِقْ الرَّسُولَ مِنْ بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُ الْهُدَى وَيَتَّبِعْ غَيْرَ سَبِيلِ الْمُؤْمِنِينَ نُوَلِّهِ مَا تَوَلَّى وَنُصْلِهِ جَهَنَّمَ وَسَاءَتْ مَصِيرًا}[النساء:115]
Dan Barangsiapa yang menentang Rasul sesudah jelas kebenaran baginya, dan mengikuti jalan yang bukan jalan orang-orang mukmin, Kami biarkan ia leluasa terhadap kesesatan yang telah dikuasainya itu [Allah biarkan mereka bergelimang dalam kesesatan] dan Kami masukkan ia ke dalam Jahannam, dan Jahannam itu seburuk-buruk tempat kembali.
Dan yang dimaksud dengan orang-orang iman disini adalah para sahabat, karena merekalah yang dimaksud dengan ayat ini di saat ayat ini diturunkan (dan mengikuti selain jalan orang-orang mukmin ) mereka adalah para sahabat Rosulullah Shollallohu 'alai wasallam.
Perkara ini juga telah dijelaskan oleh Rosulullah Shollallohu 'alai wasallam dalam sabdanya:
«وستفترق هذه الأمة على ثلاث وسبعين فرقة كلها في النار إلا واحدة» قالوا: من هي يا رسول الله؟ قال «هي الجماعة»
" dan ummat ini akan berpecah belah atas 73 golongan, semuanya di dalam neraka kecuali satu golongan". Mereka bertanya " siapakah dia ya Rosulalloh" Rosul menjawab : " dia adalah al-jama'ah"
Dan di dalam riwayat yang lain Nabi bersabda " mereka adalah al-ghuroba' ( kelompok yang asing ). Dan di dalam riwayat yang ketiga, Nabi bersabda;
قال «من كان على مثل ما أنا عليه اليوم وأصحابي»
" yaitu orang yang berada diatas semisal aku dan para sahabatku diatasnya".
Dan hadits-hadits yang lain. Dan ini menunjukkan bahwa al-jama'ah wujud di zaman para sahabat dan juga di zaman tabi'in dan juga wujud dengan diadopsi oleh para imam-imam salaf dan imam-imam islam sebagai merealisasikan sabda Nabi kita Shollallohu 'alai wasallam:
«لا تزال طائفة من أمتي على الحق ظاهرين لا يضرهم من خذلهم ولا من خالفهم حتى يأتي أمر الله وهم على ذلك»(البخاري (7311)/ مسلم (5059)
"Senantiasa akan ada dari ummatku, (sekelompok) ummat yang tegak di atas urusan agama Allah, tidak dapat membahayakan mereka orang yang menghina mereka dan tidak pula orang yang menyelisihi mereka hingga datang ketetapan Allah atas mereka dan mereka dalam keadaan seperti itu (tetap tegak dalam urusan agama Allah) ".".HR. Bukhori dan Muslim. Atau sebagai mana yang telah disabdakannya
Maka wajib bagi setiap muslim yang menghendaki keselamatan di dalam agamanya dan agar dia termasuk orang yang dijanjikan oleh Nabi j serta supaya dia termasuk " golongan yang satu " yang bukan mengambil jalannya tujuh puluh dua golongan, yakni agar dia selalu menetapi sebuah perkara al-jamaah sebelum rusaknya "al-jamaah" itu. Dan inilah lebih agungnya tujuan-tujuan agama yang mulia ini, yang dikerjakan oleh seorang hamba sebagai merealisasikan firman Allah ta'ala
{وَأَنَّ هَذَا صِرَاطِي مُسْتَقِيمًا فَاتَّبِعُوهُ وَلَا تَتَّبِعُوا السُّبُلَ فَتَفَرَّقَ بِكُمْ عَنْ سَبِيلِهِ}[الأنعام:153]
Dan bahwa (yang Kami perintahkan ini) adalah jalanKu yang lurus, Maka ikutilah Dia, dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain), karena jalan-jalan itu mencerai beraikan kamu dari jalanNya. yang demikian itu diperintahkan Allah agar kamu bertakwa.
Maka seorang hamba yang beriman akan menetapi jalan ini.
Dan bagaimana menetapinya ( al-jamaah )?
Yakni dengan mempelajari aqidah yang barokah ini, maka pelajaran-pelajaran aqidah dan muhadhoroh- muhadhoroh yang membahas masalah tauhid dan aqidah akan membawamu pada menetapi jalan al-jamaah yang pertama sebelum rusaknya jamaah itu. (yakni pemahaman para sahabat-pen ).
Periksalah dengan seksama olehmu, maka engkau akan jumpai (engkau akan bisa mengurai-pen ) orang yang menyelisihi perkara al-jamaah yang pertama, dengan membuat syari'at yang baru, motivasi-motivasi, pendapat-pendapat, dan kitab-kitab selain kitab-kitab as-salaf di dalam masalah ini. Engkau akan menjumpai orang yang menyelisihi perkara-perkara i'tiqot, pasti itu. Jika demikian (merekalah) orang yang menyelisihi jalan al-jamaah sebelum rusaknya al-jamaah.
Dan ini adalah masalah yang penting. Maka berbilang-bilang jama'ah tidaklah sama dengan berbilang-bilangnya para fuqoha (ahli fikih ), bahkan wajib bagi semua umat islam untuk berpegang teguh dengan talinya Allah semuanya dan jangan berpecah belah sebagai merealisasikan firman Allah:
{وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللَّهِ جَمِيعًا وَلَا تَفَرَّقُوا}[آل عمران:103]
(dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai. Ali iimron 103 )
maksudnya janganlah kalian berpecah belah secara abdan ( badan ) dan juga kalian jangan berpecah belah secara agama (adyan), bahkan menetapilah kalian dengan Al-qur'an yang menyeru kepada perkumpulan diatas al-haq.
(Syarah al-aqidah at-tohawiyah oleh Syaikh sholih bin 'abdu al-aziz alu a-syaikh)
---------
س2/ هل تعدد الجماعات مثل تعدد الآراء في المسألة الفقهية الواحدة؟
ج/ إذا كان يقصد بالجماعات الجماعات الإسلامية التي ظهرت في هذا الزّمن فليس ذلك مثل تعدد الآراء في المسألة الفقهية الواحدة؛ لأنَّ تعدد الآراء في المسألة الفقهية الواحدة هذا إذا كان مورده الاجتهاد فإنَّ كل واحد من القائلين بالمسألة الفقهية يؤجر على اجتهاده فيما اجتهد فيه؛ لأنَّ المسألة موردها الاجتهاد.
كذلك في المسائل التي ينزع فيها المجتهد إلى دليل هو مأجور كما قال النبي صلى الله عليه وسلم «إذا اجتهد الحاكم فأصاب فله أجران وإذا اجتهد فأخطأ فله أجر واحد(1» يعني أجر على اجتهاده، والثاني له أجر على اجتهاده وأجر على إصابته الحق.
وأما الجماعات الإسلامية الموجودة الآن فهي تختلف في طريقتها وتختلف في أصولها وتختلف في مبادئها وأهدافها إلى آخر ذلك، والأصل الواجب على كل مسلم أن يلزمه هو لزوم جماعة المسلمين قبل أن يَحدث الافتراق، فإنَّ الافتراق الحادث في الأمة لا يجوز إقراره ومعالجته بإحداث جماعات جديدة، فالواجب على المسلمين جميعا لزوم الجماعة قبل أن تفسد الجماعة. والجماعة التي هي على الحق لم يتركها الله - عز وجل - لم يُبَيِّنْهَا، ولم يتركها الرسول صلى الله عليه وسلم لم يُبَيِّنْهَا؛ بل بَيَّنَهَا الله - عز وجل - بقوله {وَمَنْ يُشَاقِقْ الرَّسُولَ مِنْ بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُ الْهُدَى وَيَتَّبِعْ غَيْرَ سَبِيلِ الْمُؤْمِنِينَ نُوَلِّهِ مَا تَوَلَّى وَنُصْلِهِ جَهَنَّمَ وَسَاءَتْ مَصِيرًا}[النساء:115]، المراد بالمؤمنين هنا الصحابة؛ لأنهم هم المقصودون بذلك في وقت تنزّل هذه الآية {وَيَتَّبِعْ غَيْرَ سَبِيلِ الْمُؤْمِنِينَ} يعني صحابة رسول الله صلى الله عليه وسلم، وبَيَّنَ ذلك الأمر نبينا صلى الله عليه وسلم بقوله «وستفترق هذه الأمة على ثلاث وسبعين فرقة كلها في النار إلا واحدة» قالوا: من هي يا رسول الله؟ قال «هي الجماعة»، وفي رواية أخرى قال «هم الغرباء»، وفي رواية ثالثة قال «من كان على مثل ما أنا عليه اليوم وأصحابي» إلى غير لك، وهذا يدلّ على أن الجماعة موجودة في زمن الصحابة، وهي موجودة في زمن التابعين، وموجودة يحملها أئمة السلف وأئمة الإسلام امتثالاً لقول نبينا صلى الله عليه وسلم «لا تزال طائفة من أمتي على الحق ظاهرين لا يضرهم من خذلهم ولا من خالفهم حتى يأتي أمر الله وهم على ذلك»(2) أو كما قال صلى الله عليه وسلم.
فالواجب على كل مسلم يريد السلامة في دينه وأن يكون ممن وَعَدَهُ النبي صلى الله عليه وسلم بأن يكون من الفرقة الواحدة التي لم تأخذ سبيل الثنتين والسبعين فرقة أن يلزم أمر الجماعة قبل أن تفسد الجماعة، وهذا من أعظم مقاصد الدّين العظيمة التي يمتثلها العبد بامتثال قوله تعالى {وَأَنَّ هَذَا صِرَاطِي مُسْتَقِيمًا فَاتَّبِعُوهُ وَلَا تَتَّبِعُوا السُّبُلَ فَتَفَرَّقَ بِكُمْ عَنْ سَبِيلِهِ}[الأنعام:153]، فالعبد المؤمن يلزم هذه الطريقة.
وكيف يلزمها؟
بتعلُّم هذه العقيدة المباركة فإنَّ دروس العقيدة والمحاضرات في التوحيد والعقيدة هي التي تنقلك إلى الالتزام بطريقة الجماعة الأولى قبل أن تفسد الجماعة.
ولهذا ففتّش أنت بنفسك وستجد أنَّ من خالف أمر الجماعة الأولى وأحدث شعارات جديدة وأهداف وآراء وكتباً غير كتب السلف في هذه المسائل، ستجد أنه خالف شيئاً من أمور الاعتقاد ولا بد، فإذاً خالف طريق الجماعة قبل أن تفسد الجماعة.
وهذه مسألة مهمة فتعدد الجماعات ليس مثل تعدد الفقهاء؛ بل الواجب على جميع أمة الإسلام أن يعتصموا بحبل الله جميعا ولا يتفرقوا امتثالاً لقول الله جل جلاله {وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللَّهِ جَمِيعًا وَلَا تَفَرَّقُوا}[آل عمران:103]، يعني لا تتفرقوا في الأبدان ولا تتفرقوا أيضا في الدين بل التزموا بالقرآن الذي يدعو إلى الإجتماع على الحق.(2)
__________
(1) البخاري (7352)/ مسلم (4584)
(2) البخاري (7311)/ مسلم (5059)
الكتاب : شرح العقيدة الطحاوية-المؤلف : صالح بن عبد العزيز آل الشيخ