DALIL BAI'AT DENGAN HADITS IMAM SAFAR?

Sabtu, 01 Mei 2010


حكم الاستدلال بحديث (إذا كنتم ثلاثة في سفر فلتؤمروا أحدكم) على البيعة

السؤال: قوله صلى الله عليه وسلم: (إذا كنتم ثلاثة في سفر فلتؤمروا أحدكم) هل فيه دليل على البيعة، حيث تستدل به الجماعات والأحزاب على ذلك؟

الجواب: وأين ذكر البيعة في هذا الحديث؟! فهل الرسول قال: إن الاثنين يبايعون الثالث؟! لا تشرع بيعة في السفر أبداً، لكن يقال: أنت الأمير، أنت مرجعنا، أما كونهم يبايعونه على كذا وكذا فلا، وإنما يجعلون أحدهم مرجعاً لهم، بحيث إذا أراد أن يذهب يستأذن الأمير، وإذا أرادوا أن ينزلوا يرجعون إلى رأي الأمير، وإذا أرادوا أن يرتحلوا يرجعون إلى رأي الأمير؛ حتى لا تكون الأمور فوضى، وكل واحد يصير إلى رأي، ويختلفون، بل يكون لهم أمير يرجعون إليه، أما البيعة فإنما هي للخليفة والإمام.

Hukum berdalil dengan menggunakan hadits "Apabila ada tiga orang yang keluar dalam suatu perjalanan, maka hendaknya mereka menunjuk salah seorang dari mereka sebagai pemimpin!" HR. Abu dawud

Pertanyaan : Sabda Nabi "Apabila ada tiga orang yang keluar dalam suatu perjalanan, maka hendaknya mereka menunjuk salah seorang dari mereka sebagai pemimpin!" apakah ini dalil untuk melaksanakan bai'at? Dimana jama'ah-jama'ah dan partai-partai berdalil dengannya?

Jawaban : dimana disebutkan kata bai'at di dalam hadits ini? Apakah Rasulullah bersabda : " Sesungguhnya dua orang membai'at orang yang ketiga"? Selamanya tidak disyari'atkan melakukan bai'at di saat Safar, tapi hanya dikatakan : " Kamu amir" , " kamu tempat ruju' kami", adapun keadaan mereka dimana mereka membai'at fulan begini dan begitu, maka tidak ada itu, sesungguhnya yang terjadi, mereka menjadikan salah satu mereka sebagai tempat ruju' mereka, dimana bila ia akan pergi ia minta izin kepada amir (Safar), ketika mereka menghendaki singgah di suatu tempat mereka ruju' pada pendapatnya amir (Safar), dan ketika mereka akan meneruskan perjalanan maka mereka ruju' pada pendapatnya amir, agar perkara mereka tidak kacau, agar seseorang tidak mengikuti pendapatnya sendiri, dan agar mereka tidak berselisih, sebaliknya bagi mereka ada seorang amir yang mana mereka ruju' kepadanya, adapun masalah bai'at, maka itu diperuntukkan bagi seorang kholifah dan seorang imam (Syaikh Abdul Muhsin 'abbad al-badr di dalam kitab syarah Sunan abi Dawud).