DALIL-DALIL SYAR'I SAHNYA KHUTBAH JUM'AT TANPA MENGGUNAKAN BAHASA ARAB

Minggu, 18 April 2010

الأدلة الشرعية على صحة خطبة الجمعة بغير اللغة العربية

فصل : أدلة جمهور الفقهاء ومناقشتها :

Pasal : Dalil – dalil jumhur ahli fikh dan pembahasannya


الدليل الأول : اتباع هدي النبي صلى الله عليه وسلم في خطبته للجمعة بالعربية فلم يخطبها بغير العربية .

Dalil pertama : ( khutbah berbahasa arab ) adalah mengikuti petunjuk Nabi Shollallohu 'alaihi wasallam di dalam khotbahnya untuk sholat jum'at berbahasa arab, Nabi tidak berkhutbah selain berbahasa arab

مناقشة الدليل الأول :

كون النبي صلى الله عليه وسلم يخطب الجمعة باللغة العربية فهذا ليس دليلا على اشتراط أن تكون خطبة الجمعة باللغة العربية ؛ لأن اللغة العربية لغته ولغة قومه ، فوعظ من يخطب فيهم وأرشدهم وذكرهم بلغتهم التي يفهمونها ، و لأن فعل النبي صلى الله عليه وسلم لا يدل على الوجوب فغاية ما فيه المشروعية ،و فرق بين الفعل ووجوب الفعل قال ابن عثيمين : فعل النبي صلى الله عليه وسلم لهذا الفعل على وجه العبادة يدل على مشروعيته ،وأنه مشروع[1]

Keadaan Nabi Shollallohu 'alaihi wasallam berkhutbah jum'at dengan berbahasa arab, maka ini bukanlah sebuah pendalilan disyaratkan khutbah jum'at harus berbahasa arab, karena bahasa arab adalah bahasanya nabi dan bahasa kaumnya, Nabi memberikan nasihat pada orang yang dikhutbahi, membimbing mereka, dan memberi peringatan pada mereka dengan bahasa mereka yang dapat mereka pahami. Dan perbuatan Nabi Shollallohu 'alaihi wasallam bukanlah dalil untuk mewajibkan, maka maksud yang terkandung didalamnya itulah yang disyari'atkan. Dan berbeda antara sebuah perbuatan dengan mewajibkan sebuah perbuatan. Ibnu Utsaimin berkata : Nabi Shollallohu 'alaihi wasallam melakukan suatu perbuatan ini dari sisi ibadah, maka menunjukkan disyari'atkannya ibadah tersebut, dan ibadah tersebut disyari'atkan.

و قال الشيخ الخضري : وإن جهلت الصفة وكان قربة فهو مندوب ،وإلا فهو مباح[2]

Syaikh khudhair berkata : Dan jika sebuah sifat tidak diketahui dan ia adalah sebagai qurbah ( pendekat diri kepada Allah ) maka hukumnya adalah mandub /sunnah dan kalau tidak maka ia adalah mubah (boleh)

وقال د/ عبد الكريم زيدان : ما فعله النبي صلى الله عليه وسلم ولم تعرف صفته الشرعية ،ولكن عرف أن الفعل قصد القربة كقيامه ببعض العبادات دون مُوَاظَبَة عليها فغن الفعل يكون و مستحبا في حق الأمة أما إذا لم يعرف في الفعل قصد القربة ، فإن الفعل يكون دالا على إباحته في حق الأمة كالمزارعة والبيع ونحو ذلك[3] ،

Doktor Abdul Karim zaidan berkata : Apa-apa yang dikerjakan oleh Nabi Shollallohu 'alaihi wasallam dan tidak diketahui sifatnya sebagai sebuah syari'at dan akan tetapi tujuan perbuatan tersebut adalah sebagai qurbah (pendekat ibadah kepada Allah) sebagai mana Nabi mendirikan sebagian peribadatan tanpa ditetapkan (dikerjakan terus menerus), maka perbuatan tersebut menjadi mustahab /sunnah didalam kewajiban ummat, adapun bila suatu perbuatan tidak diketahui bertujuan qurbah, maka suatu perbuatan menunjukkan ibahah /boleh di dalam kewajiban umat seperti pertanian, perdagangan dan semisalnya.

وقال د/ أحمد يوسف : فإن جهلت الصفة ،وكان الفعل من جنس القرب فهو مندوب ، و إن لم يكن من جنسها دل ذلك على الإباحة[4] ،

وقال د/ وهبة الزحيلي : فإن جهلت صفة الفعل الشرعية فإن ظهرت فيه القربة بأن كان مما يتقرب به إلى الله عــز وجل كصلاة ركعتين من غـير مواظبة عليهما دل الفعـل على الندب [5]

Doktor Ahmad Yusuf berkata : Jika tidak diketahui suatu sifat, dan suatu perbuatan tersebut dari jenis qurbah maka hukumnya mandub /sunnah, dan bila tidak diketahui jenisnya maka hukumnya ibahah /boleh .

Doktor Wahbah zuhaili berkata : Maka jika tidak diketahui sifat suatu perbuatan syar'iah, jika nampak sebagai qurbah, sebab termasuk mendekatkan diri kepada Allah 'azza wajalla seperti sholat dua rakaat dari selain ditetapkan (dikerjakan terus menerus) atas keduanya maka suatu perbuatan tersebut menunjukkan sunnah.

الدليل الثاني : لم يرسل النبي صلى الله عليه وسلم الرسائل إلى الملوك لدعوتهم للإسلام إلا باللغة العربية مع أنهم ليسوا عرب ، و النبي صلى الله عليه وسلم يعلم أن لغتهم غير اللغة العربية ،و ترك النبي صلى الله عليه وسلم دعوة العجم بغير اللغة العربية مع قيام مقتضاه دليل على هديه صلى الله عليه وسلم الخطابة باللغة العربية .

Nabi Shollallhohu 'alai wasallam tidak mengirim surat kepada para raja untuk mendakwahi mereka kecuali dengan bahasa arab meskipun mereka bukan orang arab, dan Nabi Shollallhohu 'alai wasallam telah mengetahui bahwa bahasa mereka bukan bahasa arab, dan beliau mendakwahi orang 'ajam tetap berbahasa arab, di samping penunaian mengikutinya, ini adalah dalil atas petunjuknya Shollallhohu 'alai wasallam yakni khutbah berbahasa arab

مناقشة الدليل الثاني :

كون النبي صلى الله عليه وسلم لم يرسل النبي صلى الله عليه وسلم الرسائل إلى الملوك لدعوتهم للإسلام بغير اللغة العربية فهذا ليس دليلا على اشتراط أن تكون خطبة الجمعة باللغة العربية ؛ لعلمه صلى الله عليه وسلم أن هؤلاء الملوك سيترجمونها إلى لغتهم ليعرفوا ما فيها فمن المُتَعَارَف عليه أن الملوك لديهم من يترجمون لهم الرسائل التي بغير لغتهم ، و إذا كان الفعـل لا يدل على الوجوب فكيف يكون الترك دالا على التحريم .

Pembahasan dalil ke dua:

Keadaan Nabi Shollallhohu 'alai wasallam tidak pernah mengirimkan surat-surat ke para raja untuk mendakwahi mereka menggunakan selain bahasa arab, maka ini bukanlah pendalilan atas dipersyaratkannya khutbah jum'at harus berbahasa arab, karena sepengetahuan Nabi Shollallhohu 'alai wasallam bahwa mereka para raja itu akan menerjemahkan surat nabi kedalam bahasa mereka, agar mereka mengerti isi surat tersebut, maka sudah menjadi tradisi bahwa para raja memiliki penerjemah surat-surat yang berbahasa asing, dan jika suatu perbuatan tidak menunjukkan atas sebuah kewajiban, maka bagaimana mungkin meninggalkannya menunjukkan atas sebuah keharaman?

الدليل الثالث : الخطبة باللغة العربية تشجع الناس على تعلم اللغة العربية والعناية بها .

Dalil ke tiga :

Khutbah berbahasa arab akan memberi semangat manusia untuk mempelajari dan menjaga bahasa arab

مناقشة الدليل الثالث :

كون الخطبة باللغة العربية تشجع الناس على تعلم اللغة العربية والعناية بها فهذا ليس دليلا على اشتراط أن تكون خطبة الجمعة باللغة العربية ،و قد سكت الشرع عن بيان اشتراط وجوب الخطابة باللغة العربية ، وما سكت عنه الشرع فهو مما عوفي ، وما أطلقه الشرع فلا يجوز تقييده إلا بدليل .

Pembahasan dalil ke tiga:

Keadaan khutbah berbahasa arab akan memberi semangat manusia untuk mempelajari dan menjaga bahasa arab, maka ini bukan pendalilan dipersyaratkannya khutbah jum'at harus berbahasa arab. Dan syari'at tidak membicarakan (diam) dari menerangkan kewajiban khutbah jum'at berbahasa arab. Dan apa-apa yang didiamkan oleh syiari'at maka itu termasuk dimaafkan, dan apa-apa yang dimutlakkan (bersifat bebas) oleh syiari'at maka tidak boleh ditaqyid (diikat / dibatasi) kecuali dengan dalil.

الدليل الرابع : الخطبة باللغة العربية كالقراءة في الصلاة فكما أن القراءة في الصلاة باللغة العربية تعبدا فكذلك تكون الخطبة باللغة العربية تعبدا ،و النبي صلى الله عليه وسلم كان في الصلاة يقرأ باللغة العربية وكذلك في خطبة الجمعة وقد قال r : « صلوا كما رأيتموني أصلي »[6].

Dalil ke empat :

Khutbah berbahasa arab seperti qiroat / bacaan di dalam sholat, maka sepatutnya bacaan didalam sholat berbahasa arab sebagai ta'abbud ( bentuk peribadatan ), maka demikian pula seharusnya khutbah jum'at berbahasa arab sebagai ta'abbud, dan Nabi Shollallhohu 'alai wasallam membaca surat di dalam sholat berbahasa arab dan demikian pula di saat khutbah jum'at dan Nabi Shollallhohu 'alai wasallam telah bersabda : " Sholatlah kalian sebagai mana kalian melihat aku sholat" HR. Bukhori

مناقشة الدليل الرابع :

قياس خطبة الجمعة على القراءة في الصلاة قياس مع الفارق فلفظ القرآن متعبد به ،وهو دليل النبوة و علامة الرسالة ، ولا يحصل بالعجمية أما خطبة الجمعة فلسنا متعبدين بلفظها ،و المقصود منها الوعظ و أمر الناس بالمعروف ونهيهم عن المنكر ، و هذا يحصل بالخطبة باللغة العربية وبالخطبة بغير اللغة العربية ، أما الحديث « صلوا كما رأيتموني أصلي » فغاية ما فيه الأمر بإيقاع الصلاة على الصفة التي كان يوقعها عليها و الخطبة ليست بصلاة

Mengqiyaskan khutbat jum'at sebagaimana bacaan di dalam sholat adalah قياس مع الفارق qiyas (analogi) dua hal yang berbeda ( tidak sama antara yang mengqiyaskan dengan yang diqiyaskan ). Lafadh qur'an digunakan beribadah dengannya, dan itu adalah dalil kenabian dan tanda risalah dan tidak boleh dengan bahasa 'ajam. Adapun khutbah jum'at maka kita tidak beribadah dengan lafadhnya , dan adapun tujuan khutbah diantaranya adalah memberikan nasihat, dan memerintahkan manusia beramar ma'ruf dan mencegah mereka dari kemungkaran, dan ini tercapai dengan khutbah berbahasa arab dan khutbah berbahasa selain arab. Adapun hadits " Sholatlah kalian sebagai mana kalian melihat aku sholat" maka tujuan yang terkandung adalah perintah untuk menyesuaikan sholat mengikuti sifat sholat yang dipraktekkan oleh Nabi dan khutbah bukanlah sholat.

فصل : أدلة من جوز خطبة الجمعة بغير العربية :

Dalil-dalil bolehnya khutbah jum'at tidak berbahasa arab :

الدليل الأول: أن المقصود من الخطبة الوعظ و أمر الناس بالمعروف ونهيهم عن المنكر و تذكيرهم بحق الله ودعوتهم إليه ولا يحصل ذلك إلا بلغتهم ، ولا فائدة في موعظة لا يفهمها الذين وجهت إليهم الموعظة ، وكيف ينصرف الناس عن موعظة، وهم لا يعرفون ماذا قال الخطيب ؟

Dalil pertama : Sesungguhnya tujuan dari sebuah khutbah adalah memberikan nasihat , memerintah manusia untuk berbuat kebaikan dan mencegah manusia berbuat kemungkaran , dan memperingatkan mereka atas hak -haknya Allah serta mendakwahi mereka. Dan demikian itu tidak tersampaikan terkecuali dengan bahasa mereka, dan tidaklah ada manfaatnya didalam sebuah nasihat dimana orang-orang yang dihadapkan dengan nasihat tersebut tidak memahaminya. Dan bagaimana manusia akan bertindak / berubah dengan sebuah nasihat sementara mereka tidak mengerti apa yang dikatakan oleh sang khotib?[7]

الدليل الثاني : ليس في الكتاب أو السنة نصا يدل على اشتراط أن تكون خطبة الجمعة باللغة العربية فالقول بصحتها باللغة العربية وعدم صحتها بغير اللغة العربية تقول على الشرع ، وتقييد لما أطلقه الشرع بلا مقيد .

Dalil kedua : Tidak terdapat didalam Al-qur'an dan As-Sunnah sebuah Nash yang menunjukkan dipersyaratkannya bahwa khutbah jum'at harus berbahasa arab. Maka adapun sahnya khutbah jum'at dengan bahasa arab dan tidak sah selain bahasa arab, engkau berkata mewajibkan sebuah syari'at, dan engkau telah mentaqyid ( mengikat ) pada sesuatu yang dimutlakkan (dibebaskan) oleh syari'at tanpa taqyid.

الدليل الثالث : أن الخطباء كالرسل في وعظهم الناس ، وأمرهم بالمعروف ونهيهم عن المنكر وتذكيرهم بحدود الله ،و الله سبحانه وتعالى قد أرسل الرسل عليهم السلام بألسنة قومهم ليفهموهم مراد الله سبحانه بلغاتهم قال تعالى : ﴿ و َمَا أَرْسَلْنَا مِن رَّسُولٍ إِلاَّ بِلِسَانِ قَوْمِهِ لِيُبَيِّنَ لَهُمْ [8] أي : وما أرسلنا مِن رسولٍ قبلك -أيها النبي- إلا بلُغة قومه ; ليوضِّح لهم شريعة الله .

Dalil ketiga : Sesungguhnya khutbah jum'at adalah sebagaimana para rasul di dalam hal menasihati manusia, dan mereka memerintahkan kepada kaumnya untuk berbuat baik dan melarang mereka dari perbuatan mungkar serta memperingatkan mereka akan hukum-hukum Allah. Dan Allah subhana wata'ala telah mengutus pada para rasul 'alaihi as-salam dengan bahasa kaum mereka, agar para utusan memahamkan kaum mereka akan kehendak Allah melalui bahasa mereka, Allah ta'ala berfirman " Kami tidak mengutus seorang rasul -pun, melainkan dengan bahasa kaumnya,supaya ia dapat memberi penjelasan dengan terang kepada mereka ". Surat Ibrahim ayat 4 Maksudnya, dan tidaklah kami utus seorang utusan sebelummu - wahai Muhammad – terkecuali dengan bahasa kaumnya, agar utusan tersebut menjelaskan syari'at Allah.

الدليل الرابع : الخطبة ليست مما يتعبد بألفاظها حتى نقول: لا بد أن تكون باللغة العربية، لكن إذا مرَّ بالآية من القرآن فلا بد أن تكون بالعربية ؛ لأن القران متعبد بلفظه .

Dalil keempat : Sebuah khutbah bukanlah termasuk apa-apa yang digunakan beribadah lewat lafadhnya, hingga kami katakan : tidak mesti harus menggunakan bahasa arab, akan tetapi tatkala melewati ayat qur'an maka mesti berbahasa arab, karena Al-qur'an digunakan beribadah dengan lafadhnya.



[1] - شرح الأصول من علم الأصول لابن عثيمين 356 المكتبة التوفيقية

[2] - أصول الفقه الشيخ محمد الخضري ص 234 دار الحديث الطبعة الأولى 1422هـ 2001 م

[3] - الوجيز في أصول الفقه د.عبد الكريم زيدان ص 167 مؤسسة الرسالة الطبعة السابعة 1421هـ 2000

[4] - الفقه الإسلامي تطوره أصوله قواعده الكلية د.أحمد يوسف ص 185 دار الهاني 2002 م

[5] الوجيز في أصول الفقه د. وهبة الزحيلي ص 45 دار الفكر الإعادة الحادية عشرة 1427هـ 2006م

[6] - رواه البخاري في صحيحه 1/ 226 رقم 605 كتاب الصلاة باب الأذان للمسافر إذا كانوا جماعة والإقامة وكذلك بعرفة وجمع وقول المؤذن الصلاة في الرحال في الليلة الباردة أو المطيرة ( الناشر : دار ابن كثير ، اليمامة – بيروت الطبعة الثالثة ، 1407هـ - 1987 م)

[7] Sebagai contoh Nabi pernah memerintahkan seseorang yang masuk masjid lalau ia duduk mendengarka khutbah,

دَخَلَ رَجُلٌ الْمَسْجِدَ وَرَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَخْطُبُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَقَالَ « أَصَلَّيْتَ ». قَالَ لاَ. قَالَ « قُمْ فَصَلِّ الرَّكْعَتَيْنِ » رواه مسلم- عن جَابِرَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ

Seorang laki-laki masuk Masjid sementara Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam sedang menyampaikan khutbah Jum'at, maka beliau pun bertanya: "Apakah kamu telah shalat?" Laki-laki itu menjawab, "belum." Maka beliau bersabda: "Bangun dan shalatlah dua raka'at". HR.Muslim dari Jabir bin Abdillah

Sudah kita maklumi bersama bahwa islam telah tersebar ke seluruh penjuru dunia dengan suku bangsa dan bahasa yang beraneka ragam, maka bila sang khotib berkhutbah menggunakan bahasa arab dihadapkan orang-orang non arab lantas ia mempraktekkan sabda Nabi di atas bagaimana mungkin orang yang diajak berbicara dapat memahami ucapannya dan bisa melaksanakan perintahnya?

[8] - إبراهيم من الآية 4