TRANSKRIP REKAMAN DIALOG ANTARA
UST. MAULUDDIN (mantan Mubaligh Paku Bumi 354)
DENGAN UST. EKO ( Mubaligh Paku Bumi 354 )
DAN UST. MUSTOFA ROYAN ( Mubaligh Paku Bumi 354 )
Ikhwani fiddin, pada kesempatan kali ini kita akan tampilkan transkrip audio rekaman perbincangan antara Ust.Mauluddin dan dua orang Ulama Paku bumi jama'ah354 yang berlangsung di kediaman Ust.Mauluddin di Tiga Raksa pada 11 November 2008. Yang pasti rekaman ini bukan dilakukan oleh Ust. Mauluddin, oleh karenanya para pembaca yang budiman dapat mengetahui lewat suara siapa yang paling keras maka tentunya dialah yang lebih dekat dengan alat perekam.
Transkrip ini ditulis oleh seorang ikhwan mantan jama'ah354 yang memiliki ketertarikan untuk masalah ini, jaza kallohu khoiro, kami hanya mengeditnya dan memberikan perjelasan pada masalah-masalah yang kami anggap perlu pada footnote.
Adapun kesimpulannya kami serahkan kepada para pembaca, siapakah yang lebih kokoh pendalilannya dan berada di atas bashiroh.
Selamat menyimak...
Pak Eko : saya itu masih penasaran yang temen-temen kemaren itu….
Pak Mauludin: iya
Pak Eko:
ya…terutama yang unsur keimanan… kira-kira menurut sampeyan yaa ..tetep seperti itu…supaya keimaman itu terpenuhi…. atau mungkin…… ada perubahan-perubahan
Pak Mauludin :
kalo…dikatakan keimaman itu seperti itu, yaa… keimaman itu wajib, tapi memang ada standart nya…standartnya itu… standartnya JAMAAH KAUM MUSLIMIN…. bukan keimaman kelompok….atau golongan.
Pak Eko:
muslimin dalam arti… seluruh dunia?
Pak Mauludin :
bukan, satu bendera…...memang aslinya …kekholifahan itu harus 1 (satu) bendera 1 (satu),… tapi sudah tidak mungkin karena islam itu sudah…
Pak Eko : sudah dimana-mana..
Pak Mauludin:
sudah dimana-mana …..disetiap negara, maka IJMA` nya….ulama pun dari MAHZAB 4 mengatakan setiap wilayah….. hitungannya 1 (satu)….1 (satu) imam..ngga boleh lebih….. [1]
Pak Mustofa : kalo di Indonesia???
Pak Eko : berarti cuma di Indonesia yaa…sak Indonesia
Pak Mauludin :
ngga boleh ada 2 (dua)… karena….ee.. barang siapa yang datang kepada kamu dan kamu itu sudah… mufakat kepada seorang laki-laki maka bunuhlah dia[2]
Pak Eko : berarti sudah ada..…jama'ah sudah ada imamnya ini?[3]
Pak Mauludin: iyaaa..
Pak Eko: keimaman berdiri
Pak Mauludin: iyaa..
Pak Eko: ketika kitaa…tidak menjumpai..??
Pak Mauludin :
kalo tidak menjumpai ..maka… semua namanya FIRQOH…semua FIRQOH !! kalo tidak bisa bersatu IKHTILAF…..maka tidak bisa dipaksakan dengan… hanya kelompok yang mengangkat ke Imaman.
Karena jaman sahabat….IBNU UMAR menjumpai pada jaman itu ada 2 (dua) kholifah ..ABDUL MALIK DAN…
Pak Mustofa : IBNU ZUBAIR ….
Pak Mauludin:
tidak ada kesepakatan….artinya tidak ada mengalah salah satunya….IBNU UMAR menunggu….gak mau bai'at kepada IBNU ZUBAIR …gak mau bai'at kepada ABDUL MALIK[4],…. ketika sudah menang…ABDUL MALIK mengalahkan IBNU ZUBAIR....baru..dan keadaan sudah stabil…..sudah aman …baru IBNU UMAR menyatakan.. kirim surat “saya ikrar bahwa saya… baiat kepada IBNU MALIK menetapi sunnahnya ALLOH dan ROSUL…jadi selama ikhtilaf itu.. fakum..yaa...dia ditengah-tengah gak kemana-mana
Pak Mustofa : lha..kalo sekarang gimana?
Pak Mauludin :
di Indonesia pun seperti itu…jadi ..betul PAK NURHASAN itu paling duluan ....paling duluan ..betul….umpamanya memang itu cerita seperti itu... 41 ..tapi waktu itu…kita tidak mengingkari bahwa ada orang-orang yang juga ..tidak mungkin PAK NURHASAN itu belajarnya sendirian dengan UMAR HAMDAN[5],…. ada temennya…. ada ulama yang lain….kalo secara organisasi yang sudah kelihatan MUHAMADIYAH sudah ada… NU sudah ada …paling tidak itu…ulama-ulama mereka pembesar-pembesar nya MUHAMMADIYAH dengan NU itu…diajak rembug-an…dan otomatis kalo itu disetujui berarti itu yang menjadi kepala Negara[6]…karena yang namanya Amir ato Kholifah itu, .. yaa orang yang menguasai wilayah itu… tidak ada diatasnya
Pak Mustofa : Lha gimana rembug an laa…wong….
Pak Eko : laa…kalo itu cerita..waktu itu yang...HAMKA…HAMKA..itu..
Pak Mustofa : HAMKA BUYA ….
Pak Eko: he.eh
Pak Mustofa : BUYA HAMKA
Pak Eko: BUYA HAMKA itu juga mengetahui tantang keimaman PAK NURHASAN ..…
Pak Mauludin: iyaa
Pak eko:
nah…apakah beliau juga…BUYA juga..saat itu ga punya pemahaman, sebetulnya… PAK H. NURHASAN itu ga perlu me..mendirikan keimaman sendiri… dan mestinya berusaha harus bergabung dengan yang lain…..kayak nya selama ini ga pernah denger cerita…
Pak Mauludin :
yaa itu …yaa seperti itu …dengar cerita seperti itu ….., maka kita tidak bisa mengatakan….e..tidak bisa menghukumi… mana yang shoheh ceritanya…
Pak Eko :
yaa...maksudnya gak pernah ada cerita ..BUYA memberikan semacam masukan-masukan atau petunjuk kepada PAK H. UBAIDAH..… untuk tidak membuat keimaman sendiri, tapi bisa bergabung dengan keimaman yang lain…… kok malah ..baik ...BUYA me..merestui ato men-setujui..pada keimaman PAK H. UBAIDAH
Pak Mauludin :
saya ga denger kalo menurut PAK EKO begitu….
Pak Eko :
loh..bahkan sudah baiat…apa hampir baiat malah ..BUYA HAMKA waktu itu…itu kan…kaloo...
Pak Mauludin :
yaa itu kan hanya cerita-cerita FIKSI ( hayalan semata )…. yang artinya belum.. pasti betul sumbernya …sebenernya ...apa betul seperti itu… yang baiat.. atau membenarkan… itukan belum pasti….
Pak Eko:
loo kan… yang cerita itu kan orang-orang dulu…dan…itu beberapa orang…. yang ternyata… satu dengan yang lain…yang kita denger cerita itu…dari pak ini…pak ini…pak ini ..itu… sama ceritanya….cerita tentang BUYA HAMKA ini…
Pak Mustofa :
engg.. wong….wong padang iku to.. HAMKA wong padang…iku too..
Pak Eko : he.eh ..
Pak Mustofa :
tokoh opo mane…MUHAMMADIYAH… MUHAMMADIYAH opo?..
Pak Mauludin:
ehemm….kepalanya MUI dulu…tahun 80 an
Pak Eko:
bahkan BUYA HAMKA waktu itu …oleh PAK H. UBAIDAH mau di baiat tapi ga berani …yaa…ga berani….dan waktu itu juga kan …atau sudah menyebarkan surat-surat di seluruh….. mulai dari mana…...? PAK ARBAI termasuk ga?
Pak Mustofa :
yaa …PAK ARBAI, PAK TOHA ngajak untuk bergabung tapi ga ada yang mau gitu lo….
Pak Eko :
PAK ARBAI cerita mulai dari Kediri sampe wilayah DKI sini kok… gitu
Pak Mustofa : he.eh…nyebarkan…iyaa..
Pak Eko : ngajak-an….untuk baiat itu…
Pak Mauludin :
itu kan menyebarkannya tahun 70 puluhan itu..…yang nulis itu kan PAK ….Pak HAERUDIN Madura itu lo[7]..saya ingat itu sendiri kan tahun 70 sudah....itu menyebarkan surat itu… sudah mengajak berbaiat…bukan musyawarah…jadi artinya PAK NURHASAN, sudah....oleh jamaah ini diangkat sudah jadi Amir…trus tinggal nyebarkan berita aja bahwa di Indonesia sudah ada Amir….Umat Islam sudah Baiat……jadi bukan proses pengangkatan pertama………sehingga setelah itukan ribut…..akhirnya sampai turun larangan dari JAKSA AGUNG …..
nah sekarang….orang Jamaaah sendiri.. BITONAH.. ee…. tidak mungkin mengakui itu….yang paling terakhirkan …PAK KASMUDI didepannya PAK MA`RUF AMIN….empat mata di Hotel…setelah Rakernas itu… yang disampai kan itu … bagaimana kita …menggunakan dalil KULLUKUM ROIN…..itu hanya sebatas..hanya saling….apa menjaga ..saling….tapi.ngga ada….. keimaman baiat itu ga ada…
Pak Eko:
itu yang dengan PAK AMIN kaitan dengan BITONAH itu ..kalo ketahuan malah………
Pak Mauludin :
makanya itu….berarti…..cerita yang tadi…yang PAK BUYA itu membenarkan… bahkan bersiap2 mau baiat…itu …Saya baru dengar dari Sampeyan ini sekarang…..kalo….bahkan kalo saya di Madura dulu…. masih saya tugas itu…malah PAK BUYA itu termasuk orang yang paling pemilih …hehe…paling sengit terhadap… LEMKARI ini………
Pak Eko :
ada beberapa orang….saya pernah dengar gitu dari lain……lain orang…lain-lain…termasuk ini……..pak penerobos yang polisi…. tentara….itu siapa..??
Pak Mustofa : PAK TOHA
Pak Eko : bukan…yang wilayah sini …
Pak Mustofa : oo..PAK KARDI …
Pak Eko : aaa…PAK KARDI …itu tau betul…PAK BUYA HAMKA
Pak Mustofa : PAK ROCHIM …
Pak Eko : itu…terus… PAK ROCHIM …itu pak… sopo iku…
Pak Mauludin :
waktu itu saya juga dengar…katanya PAK BUYA itu diundang ke wista …diajak ngomong dialong gitu….PAK BUYA ngga mau….tapi saya ngga memperdalam cerita itu.. karena yaa….
Pak Eko :
malah sempat begini waktu itu….PAK BUYA itu di ajak.. untuk…saya diceritai ..anu…..dimintai semacam pandangan bagaimana dengan keimaman yang sudah dilaksanakan sekarang ini…menurut sampeyan gimana..? BUYA …..katanya jawaban waktu itu …BUYA nya membenarkan…BUYA nya membenarkan……kalo mang… keimaman itu harus ADA nya ….dan ini membenarkan….malah waktu itu BUYA mau di Baiat….atau gimana …ceritanya…BUYA nya ngga siap….
akhirnya ..omong punya omong itu ..entah berapa lama..terus BUYA itu malah dengan hampir Baiat ke Bapak Imam….hampir baiat apa….mensetujui toh..waktu itu…mensetujui insyaalloh …ga..ga..ga sampe mau Baiat… mau...anu…… menyetujui… terhadap keimaman pada waktu itu….tapi tanya …apakah perlu masalah keimaman itu.
Pak Mustofa :
Nah sekarang PAK H. ABDULLOH sendiri dengan JAMAAH kita ini gimana???
Pak Mauludin :
ya..saya kembalikan ke tengahnya aja ..karena NABI menyuruhnya…. itu…JAMAAHTAL MUSLIMIN yang diperintah supaya ditetapi..Amir nya ..sama-sama Amir nya… karena sekarang NGGA ADA ada …yaa saya ditengah…gak kesana, gak kesini…pokoknya Sunnah gitu aja....yang saya laksanakan… tapi untuk itu tidak bisa dipaksakan karena memang keadaanya belum memungkinkan …..memang sabda NABI itu sudah..aa…mungkin dan terjadi nabi bersabda TALZAMUL JAMAAHTAL MUSLIMIN WA IMAMAHUM….Sahabat bertanya : …kalau tidak ada keimaman bagaimana?..artinya bukan tidak ada ..tidak ada orangnya …banyak orang Islamnya..tapi tidak ada kesepakatan untuk memilih atau mengangkat seorang Amir dari mereka… jadi IKHTILAF…namun sudah terkesan fakta ini.
Pak Mustofa : berarti sekarang Pak Mabrur sudah mulai FA'TAZIL itu??
Pak Mauludin: iya..ya itu namanya 'UZLA…
Pak Mustofa : situ ndak ngakui dengan PAK AZIZ[8] ini……?
Pak Mauludin: iya….memang DALIL nya begitu
Pak Eko: cukup dengan cara UZLA itu tadi ?
Pak Mauludin: iya…ya…artinya….
Pak Eko:
tanpa …anu…tanpa IMAM kaya JAMAAH Kita ini…kan gitu PAK…jadi kalo kita…ee…tetep memahami bahwa…Islam wajib Jamaah dengan kita praktekan….kita….mengangkat seorang Imam..yang kita baiat dan kita ta'ati…nah sementara berarti …PAK ABDULLOH (Mauludin) tidak golongan ini kan?
Pak Mauludin: iya…ya karena itu tadi …kita masih IKHTILAF semua…
Pak Mustofa : naa…dengan FII STALASTATIN itu gimana[9] ?
Pak Mauludin: LAAYAHILLU…??
Pak Mustofa : he..eh
Mauludin:
itu…saya dapatkan hadist nya…ABDULLOH BIN LAHI`AH itu termasuk seorang yang tidak IKHSAN..semua AHLI HADITS..di Tirmidzi diterangkan di halaman 10[10]…bahwa IBNU LABI`AH disepakati oleh AHLI ILMU adalah DO'IF termasuk sanadnya itu adalah,… do'ifnya itu.. ada disitu.[11]
Pak Eko:
mang kan begini PAK HAJI …jadi…untuk sanadnya IBNU LAHI`AH..itu yaaa…
Pak Mauludin : ya.
Pak Eko:
itu untuk Perowi selanjutnya….IBNU LAHI`AH ke atas itu…. semuanya kan TSIQOH… SHOHEH…..
Pak Mauludin: iya
Pak Eko:
BAQIYA RIJALIHI SHOHIHUN…. jadi khusus hadits itu. ….. …WAHUWA LAYYIUN….tapi WABAQIYA RIJALIHI SHOHIHUN…semua….IBNU LAHIAH ke atas itu....[12]
Pak Mustofa : TSIQOTUN
Pak Eko:
SIQOT TSIQOT semuanya…kemudian…ada juga yang…eee… diliat yang laen…itu kedudukannya HASAN …HASAN ….hadisnya juga…e.. umpama satu…nilainya HASAN[13]
Pak Mauludin:
itu mungkin yang… masalah musafir…IDZA KHOROJA STALASTATUN FISAFARI FAYUAMIRU AHADAHUM..itu HASAN itu …tapi itu kan dalilnya AMIR MUSAFIR….bukan AMIR yang …hanya cukup 3 (tiga) orang saja….[14]
Pak Mustofa :
la kalo musafir saja harus ada ….hadist
Pak Mauludin :
terus… kalo 3 (tiga) Orang itu harus ber Amir dalam satu FALATIN…dalam KELURAHAN… memang 3 orang, memang sudah tidak mungkin IKHTILAF …istilahnya… SEPAKAT sudah….karana…. memang…yaa hanya itu orangnya…BIFALATIN itu….sak..sak…wilayah itu …yaa dia itu…yaa orang 3 (tiga) itu …ngga mungkin….jutaan..ratusan juta….SEPAKAT sudah.. ngga IKHTILAF itu……..
disini yang kita bahas kan masalah IKHTILAFnya….. makanya IMAM BUKHORI sudah bikin judul diatas itu KAIFA AL-AMRU IDZA LAMTAKUN JAMA'ATUN[15] …..bagaimana perkara…. kalo jamaah tidak bisa berdiri… artinya MA HALUL MUSLIM IDZA KANA HALU IKHTILAF IDZAL LAM YUQI' AL-IJ`MATAHU `ALAL KHOLIFAH[16]…bagaimana sikapnya orang Islam ketika dia menjumpai masa yang Fakum…disitu IKHTILAF tidak ada…ee..ketemu …. tidak ada kesepakatan atas KHOLIFAH…itu pasti terjadi…jadi ini sudah dibahas…jadi NABI memberi isyarat bahwa memang ada suatu zaman ..ada suatu masa… yang disitu orang Islam IKHTILAF tidak bisa terbentuk keimaman…nah..jadi kalo di INDONESIA terjadi..naa..itu yaa..sudah PAS dengan DALIL nya
maka..suruh FA'TAZIL tadi… suruh.. 'UZLA …tapi NABI tidak menyuruh kita …..kalo mereka tidak mau diajak membentuk AMIR ..ya kamu bikin AMIR…kelompok saja…kalo apa…diam-diam…ngga seperti itu perkataan NABI tapi justru kita disuruh meninggalkan mereka …'UZLA sampai makan akar pohon…sangking beratnya…nah kalo amir amir itu 3 (tiga) orang… setiap 3 (tiga) orang itu mengangkat AMIR alangkah banyaknya… AMIR itu di INDONESIA ini….
karena begini… alasannya masing-masing ada…e…PAK NURHASAN…jadi AMIR sementara tidak di..di DHOHIRKAN tidak di MUNCULKAN dipermukaan alasannya BITHONAH… maka kalo mereka bikin AMIR yaaa…pantes juga… karena mereka ini tidak tau…dari dulu.. dari jaman NABI sampe KHOLIFAH sampe seterusnya..tidak pernah ada KHOLIFAH itu yang di DHO'IFKAN …yang di BITHONAHKAN… pasti muncul karena KHOLIFAH itu mengatur dia yang menguasai DLILULLOHU FI AL-LARDLI …dia penegak hukum atao ..JUNANTUN…..IMAM itu… KHOLIFAH itu JUNNATUN..tameng…artinya dia itu melindungi Rakyatnya dari musuh.. jadi tidak boleh disembunyikan… tidak boleh di tutupi… haarus dimunculkan..
Pak eko: laa kalo yang di MEKAH….kita sulit untuk nanya-nanya tentang AMIR.. sangat kuat BITHONAH nya itu gimana?
Mauludin: Laa….itu….itu saya juga ketawa.. kalo mendengar cerita itu …itu cerita yang sangat menyesatkan…. jadi dari dulu… memang …kita diberi pengertian bahwa ke AMIRAN di SAUDI itu lebih dibitonah dari pada di Indonesia… ternyata itu salah sama sekali…sangat salah …
Pak Mustofa : benarnya….???
Mauludin : sebenernya….
Pak eko : itu kan bisa dibuktikan ..ketika kita…nanya-nanya di Mesjid-Mesjid gitu.. yang mereka ini kita lihat orang-orang yang….
Pak Mauludin : baiik..
Pak Eko: AHLUSUNNAH WALJAMAAH ..ketika kita arahnya itu pada keimaman …gitu bahkan dari beberapa Teman-Teman yang sudah mencoba nanya….
Mauludin: (hi..hi..hi….)
Pak eko: itu…mosok nutup-nutupi
Pak Mustofa : ya kembali quran hadist ..aku pernah nanya itu..!
Pak Eko : Laa..iyaa
Mauludin:
itu cerita yang…hayal-hayal PAK EKO…. termasuk PAK ROCHIM sendiri..yang 10 (sepuluh) tahun di MEKAH itu mengatakan…. Saya pernah ketemu ee..Ulama…. diwaktu… sama-sama di SYAFF…berdua, Saya tanya..ANA QURAIYS…?? katanya gitu…kasi alamatnya…cari….kebayakan…di kebun kurma…ngga ada rumahnya…. nah tapi SYAIKH YAHYA ..ee.. berdialog dengan …apa itu
Pak Mustofa : KHOLIL…
Pak mauludin:
KHOLIL itu…waktu ditanya itu ..AMIR kamu siapa?..Kamu sudah BAIAT? Yaa… saya sudah baiat pada SYAIKH YAHYA….AMIR kamu siapa..? RAJA FAHD… jadi…FAHD meninggal diganti… sekarang ABDULLOH…..dan BAIAT itu langsung disiarkan …di…di…di…apa siaran kaya TERAWEH gitu …kelihatan…. pemunculan beliau ..jadi RAJA ..RAJA-NYA SAUDI yaa..AMIR-NYA juga ..SULTON-NYA…yaa..RAJA-NYA sini
Pak Mustofa : kalo dulu kan PAK ABDULLOH… kan itu ga begitu pengertiannya
Pak Mauludin : iya
Pak Mustofa : kok berubah itu gimana ceritanya…..
Pak Mauludin:
naa itu lah…memang selama Saya dalam Jamaah itu kan, Kita ngga boleh membaca buku ..SYARAH-SYARAH hadist ga boleh kita baca…… Saya makin penasaran waktu Haji Tahun 93…93 itu….di-KHOTBAH-KHOTBAH … di MEKAH .... di AROFAH
Pak Mustofa : berarti pas hafalan quran itu ya…?
Pak Mauludin:
Ya…….Saya itu berkata dalam hati saya… di sini ada Ulama….yang oleh Ulama..eee…yang Ulama disini katakan SYAIKHUL ISLAM…. IBNU TAIMIYAH… hampir setiap orang mengaji…. hampir setiap orang nasehat….atau Khutbah …terutama di Khutbah Jumat selalu menyebut SYAIKHUL ISLAM… IBNU TAIMIYAH…. saya bertanya dalam hati saya ..kenapa saya dalam Jamaah….di Indonesia tidak pernah denger nama itu…. bahkan sampai hari ini… tidak pernah denger nama itu…. IBNU TAIMIYAH itu siapa…trus..MUHAMMAD BIN ABDUL WAHAB sebagai pendobrak kemurnian...(tidak jelas)…saya tidak pernah denger… tapi ya tetep saya tidak ada bergeser..tetep saya dijamaah ini…
Makin menumpuknya kecurigaan itu…eee….hati saya tanda Tanya yaa…..INFAK PERSENAN………..infak persenan itu dalilnya WAMIMMA ROJAKOKNA HUM YUMFIIKUN ……waktu kita ngaji sama MBAH UDI[17]…MBAH UDI itu sempat mengucapkan YUNFIKUN….itu artinya ZAKAT…. WAMIMMA ROZAQNA HUM YUNFIKUN.. ZAKAT…..mbah Udi..….saya tulis dalam Qur`an saya…ZAKAT…tapi saya belum buka Tafsir ini..Tafsirnya…
Terus saya…dengar ada Orang....ee…. keluar dari Jamaah gara-gara e…mempersoalkan….persenan mungkin termasuk pak….ee..siapa… pak BRONTO yaa…Orang Jamaah yang dihukumi RESOLUSI gara-gara mempertanyakan..e..PERSENAN..itu ..apa …tertanam dihati saya…jadi saya ngaji…ya..selama ini saya perhatikan dalil dalil …ini orang ini mengusulkan masalah persenan dalilnya mana......sampe hari ini kok saya juga belum menemukan dalilnya…..yang di pake dasar WAMIMMA ROJAKONAHUM YUMFIIKUN…tapi PAK UDI mangkulkan ZAKAT… hanya…ee..haji yang…yang saya diberangkatkan sama OONG itu lo… umroh panjang itu…2002 ya…
Pak Mustofa : bukan
Pak eko: opo mariyoso[18] kui
Pak Mustofa : 2002 …itu yang saya …itu
Pak Mauludin: yang itu kan……
Pak Mustofa : itu saya itu….bareng nggak dulu…2002…
Pak Mauludin: 2002 saya diberangkatkan sama OONG[19] !
Pak Mustofa : bukan ..bareng dengan saya ga' …..?
Pak Mauludin: ga'
Pak Mustofa : ga' bareng !...berarti bukan 2002…
Pak Mauludin: 2001 ..kali
Pak Mustofa : 1…..kalo 1 (satu) ….mungkin….…kalo 2002 saya
Pak Mauludin: yang ga bisa ke MADINAH itu lo yang rame…[20]
Pak Eko: oooooo……itu…
Pak Mustofa : 2003….3 (tiga)….
Pak Mauludin : 2003 awal…..tapi kan 2002 awalnya berangkatnya…. umroh panjang oktober berangkatnya
Pak Mustofa : jadi …saya haji 2002… itu masih jaya-jaya nya..
Pak Mauludin:
he.eh…. laa saya itu diberangkatkan OONG itu umroh panjang …bertepatan itulah 2002 itu…naa…saya kan e..dapat hadiah tafsir itu IBNU KATSIR itu …saya buka….. surat albaqorah WAMIMMA ROJAQONAHUM YUNFIKUN yang selama ini di artikan sebagai infak persenan gitu… WAMIMMA ROJAQONAHUM YUNFIIKUN..saya buka.. nah disitu ternyata…IBNU ABBAS, IBNU JARIR, dan lain-lain mengatakan ZAKAT HARTA …disitu saya bilang ya..apakah…hati saya berkata…...berarti…orang yang mengusulkan dulu masalah persenan itu …dikatakan RESOLUSI ya..juga ada dasarnya karena dia juga penasaran …mana
Pak Eko:
kalo seandainya …itu ada tafsir yang mengatakan itu diartikan SODAKOH TATOWUK
Pak Mauludin : ga pa..pa
Pak eko : ga pa pa..ya?
Pak Mauludin:
ga pa..pa..setuju….tapi TATHOWU'[21] …ga boleh dipastikan …artinya nda` boleh dijatah tiap bulan ,..kamu 10 % dari penghasilan…mu TIDAK…artinya TATHOWU' yaa…bebas aja….tidak karena TATOWU' itu... NABI berkata: ORANG YANG PALING AFDOL ITU …ORANG YANG SODAKOH DENGAN TANGAN KANAN …TANGAN KIRI TIDAK TAU……
Pak Eko:
laa… PAK ABDULLOH memberikan kepahaman tidak boleh dijatahkan itu dasarnya apa…?
Pak Mauludin:
yaa…itu..eee…BISUNNATI… itu…. A`LAIKUM BISUNNATI … karena NABI tidak pernah menjatahkan sodakoh TATHOWU' yaa…silahkan…waktu NABI membutuhkan pembelaan .ee..PERANG TABUK…Nabi berkata siapa yang menyiap kan….ee….pasukan..ee.. Jaisy al-'usroh[22] ALLOH..me.. memberikan Surga padanya… NABI tidak menjatah…ee…kamu sekian…keperluan ini…..jelas jelas kelihatan kebutuhannya Perang…..NABI hanya mengumumkan …sapa yang bisa memberi ini…masuk SURGA…'UTSMAN yang tampil..NABI tidak menyarankan …kamu sekian…sekian….itu… NDA`
Pak Eko:
yaa..gitu itu….. karena ngga disebutkan tentang…seperti itu… berarti NASH yang… jelas-jelas melarang … untuk menentukan ..kan juga tidak…ada..
Pak Mauludin:
OO…itu sudah JELAS…karena dalilnya itu di BUKHORI: KULLU SYARTIN…KULLUSYARTIN LAISA FII KITABILAHI FAHUWA BATHILUN… WALAU MIATA SARTIN[23]…….semua syarat yang diwajibkan itu…karena kalau gara-gara itu tidak dikerjakan orang itu dihukumi oleh Pengurusnya..di kelompok itu…pasti kamu tidak tertib…
Pak Eko:
tapi kalo ….untuk Imam kan ee…semacam itu kewengannya UHSUL itu…dari ucapan imam mubarokfury[24] itu
Pak Mauludin:
yaa..itu ucapannya salah satu AHLI HADITS bukan sabda NABI juga.. jadi kalo kita mau berhujjah seperti itu juga …ya banyak juga bandingan yang semacam itu…..membatalkan juga banyak…yang mengatakan tidak boleh karena SYARIAT SUDAH JADI…. karena…ALYAUMA AKMALTU LAKUM DINAKUM[25] syariat sudah penuh … kemudian LA TUKODDIMU BAINAYADAIYA WAROSULIH[26] ..tidak boleh mendahului ALLOH…ROSUL…..ALLOH itu tau perkara umat ini sampe kiamat…ROSUL pun ilhamnya …sampe kiamat…perjuangan umat itu…tapi NABI tidak memberikan tanda-tanda bahwa pernah terjadi seperti itu atau jamannya
Pak Mustofa : engg….selama ini gimana PAK ABDULLOH… untuk infak nya itu….?
Pak Mauludin: selama ini saya ..ga pernah infak….karena memang…
Pak Mustofa : untuk itu…di kediri itu..
Pak Mauludin: yaa saya laksanakan
Pak Mustofa : mulai…mulai tahun 90
Pak Mauludin: saya laksanakan…….mulai saya di sini aja … tidak tertib…
Pak Mustofa : sesuai dengan ha…te..tapi tetap melaksanakan …tapi dengan tanda Tanya
Pak Mauludin: iya…dengan tanda Tanya…
Pak Eko : ya …penasaran tapi ngga ada hasil
Pak Mauludin : na setelah saya….
Pak Mustofa : dengan tanda Tanya…ha ha ha
Pak Mauludin: setelah….setelah saya berusaha menyampaikan …ke..FITAN itu…mungkin maksud saya itu ada koreksi dari pusat ternyata…sudah dikoreksi…artinya sudah…sudah ada… apa namanya…perbaikan…..
Anak Pak Mauludin : Bapaak…….
Pak Mauludin: oyy…
Pak Eko: yaa..mas san.
Pak Mustofa : apa ituuu…? …..qonita …(ngomong sama anak pak mauludin)
Pak eko: opo…
Pak Mustofa : ooo….ada rengginang ya…(disuguhi krupuk jawa) ….arang-arang ginang…mbuat sendiri..yang ini
Pak Mauludin: ya..
Pak Mustofa : mbuat sendiri..yang ini …
Pak eko: peh..peh..peh…wenak e rek (enaknya rek..)
Pak Mustofa : ato mungkin PAK ABDULLOH pernah…ee.. kecentok …ada omongan apa mbuat PAK ABDULLOH....jadi sakit hati gitu…… gimana?
Pak Mauludin: oo..nggak…nggak ada….
Pak Mustofa : wo.. waktu di MEKAH dulu terus di..ronggol sama sapa itu….
Pak Eko : apa..
Pak Mustofa :
di mekah kan pernah mau nyampaikan apa gitu..terus dipotong..ga boleh nyampaikan itu
Pak Mauludin: oo..PAK TAJIB …
Pak Mustofa : ho..oh
Pak Mauludin:
gak masalah…ga masalah… itulah makanya..saya itu…saya belajar dari situ
Pak Mustofa : jadi ga ada ….karena …ada omongan yang gak enak trus jadi seperti ini…itu?
Pak Mauludin:
ooo ga ada…saya hanya mengutamakan KEMURNIAN AGAMA ….untuk kepentingan pribadi saya itu….ngga sama sekali..artinya ngga saya jadikan ukuran itu….pribadi itu nomer 100 (seratus) laaaH…tapi yang.. saya utamakan bagaimana dalil itu bisa saya jalankan….makanya saya ..... tidak setuju banget ..perempuan Penerobos itu….saya juga ngga setuju banget itu ….kerena memang kalo menurut dalil[27]…walaupun saya ga paham itu yaa…tapi.. ya memang perintahnya bapak AMIR waktu itu …tapi saya tetep mau apa lagi…saya tidak setuju…
Pak Eko:
sekarang gini ya jadi……njenengan itu niatnya kan untuk KEMURNIAN ya…?
Pak Mauludin : iya
Pak Eko:
inu nanti kedepan ini… njenengan mempertahankan KEMURNIAN ini …e..semata-mata untuk sampeyan sendiri…. atau… sampeyan ada semacam….itu tadi ..ada tujuan untuk ..apasih istilahnya….AMAR MA`RUF begitu… kepada orang-orang yang perlu sampeyan berikan kepahaman-kepahaman seperti sampeyan itu …apa cukup diri sendiri ..apa…..
Pak Mauludin:
itu sudah pasti pak eko…kalo kita itu nyakin bahwa itu KEMURNIAN masa kita mau…apa namanya…mau kita diam saja…ngga mungkin….kita dulu yakin ISALAM JAMAAH itu benar…maka seseluruh keluarga kita…kita terobosin setiap acara …setiap kesempatan kita gunakan untuk AMAR MA`RUF
Pak Eko: Hmm…
Pak Mauludin:
kan begitu….kalo saya yakin bahwa KEMURNIAN itu begini….pasti saya AMAR MA`RUF……adapun hidayah itu orang mau menerima….terserah dia …saya pun…berubah begini bukan mauanya saya berubah….saya merasa…berarti ILHAM dari ALLOH… gitu aja ….
Pak Eko:
laa…kira-kira orang yang sampeyan AMAR MA`RUF`I ini ….apa ya…..teman-teman kita yang ada ini…ato…orang-orang diluar jamah kita
Pak Mauludin:
saya tidak pernah mengajak mereka untuk menerima apa yang saya yakini…NGGA…..paling iseng-iseng tanya kenapa saat ini PAK ABDULLOH me…mengeluarkan …apa …statement…apa
Pak Eko: hemmm…kan cuman statement
Pak Mauludin: wah…hehehe…
Pak Mustofa : stetmen….e..ga' kuliah dia…
Pak eko:
maksud saya itu….eee berarti sampeyan mantep terhadap yang sampeyan yakini selama ini…itu nanti AMAR MA`RUF nya ini.. arahnya ya…ke JAMAAH kita ini…ato termasuk Islam-Islam yang laen..?
Pak Mauludin : siapa aja
Pak eko : hmm…
Pak Mauludin: siapa aja yang mau…sapa yang mau… Jamaah…..dan bukan Jamaah…tidak…tidak ada perbedaan
Pak eko: sebab begini PAK HAJI…..mungkin sampeyan kan punya niat baik itu ya…
Pak Mauludin : ya
Pak eko:
trus ee.. dampak ato akibat yang sudah bisa kita rasakan ini…..akhirnya kan orang yang selama ini memahami pada JAMAAH…kita tentang IMAMAH maupun tentang PERSENAN…setelah dia ini dimasuki suatu pemahaman-pemahaman seperti sampeyan ini…misalkan…akhirnya dia ini mulai.. ragu mulai bimbang.. kalo gitu keadaannya… terus timbul semacam atau pertanyaan dalam hati ….JANE SENG BENER IKI SE`NG ENDI[28] …..lha ini..keadaan seperti ini…akhirnya hal semacam ini …e..kita rasakan semakin ngga' aman….yaa…ngga' aman…ngga' nyaman..la kira-kira dengan reaksi semacam itu …gimana njenengan…
Mauludin:
ya…kalo itu sudah jelas JAMAAH ( maksudnya warga jama'ah354 )..saya sudah bilang….sampeyan itu dilarang oleh pusat bicara dengan saya….saya ini tidak boleh..e..diterima sebagai tamu…tidak boleh di-fasilitasi dan tidak boleh diajak bicara…kamu melanggar peraturan..dari atas (maksudnya, oleh Amir )….saya kasi tau begitu ..PAK EKO..kamu ngga boleh bicara dengan saya…ada orang datang kesini…orang yang di cap JIN-JINAN itu lo….PAK EFFENDI itu… datang kesini..
Pak Mustofa : PAK EFFENDI… sopo..?
Pak eko : PAK EFFENDI…
Mauludin : PAK EFFENDI yang katanya JIN-JINAN..yang ada jin nya itu lo..depok….malah dia membuka cerita …saya mas tau….orang ASAD itu malah JIN-JINAN …
Pak Eko: he eh ..depok
Pak Mustofa : ASAD malah JIN-JINAN..?
Mauludin : iya….waktu TARUNG itu….
Pak eko : dia…dia sudah sudah katam asad tapi masih….
Mauludin : tidak…tidak…ini betul ASAD itu ketumpangan JIN kerena waktu bertarung itu….saya lihat itunya…. MACAN-nya di belakang…
Mustofa royan: hehehehehe……..
Mauludin:
terus bekas lawannya yang kena pukul itu….. ngecap sini nangkep tangannya ….katanya tapi ..saya juga ga terlalu anu….tapi gitu gimana pusat itu…
Mustofa royan : heheheheheee….
Mauludin:
saya mau ngobati Almarhum PAK DHOHIR[29] katanya…waktu itu sampai saya disuruh…kamu itu setiap DAERAHAN kesini yaa….itu masih di wista…saya dibilangi sama PAK DHOHIR begitu…tapi malah dilarang sama wakil 4(empat) sama PAK EDY..sama PAAK…PAK KASMUDI…loo waktu saya disuruh…menghadap…
Pak eko:
yang bilang kan PAK EFFEDI
Mauludin:
PAK EFFENDI nya …. padahal saya disuruh PAK AMIR langsung …katanya bisa ngobatin…terus.. katanya waktu itu saya disuruh tahseh doa-doa saya..coba doa nya PAK EFFEDI apa doanya….loh …malah di-SAMBUNG sama PAK KASMUDI …loh…! ..malah PAK KASMUDI yang HAPAL ..doa itu
Pak Mustofa : ha..ha ..ha..ha..haaa
Pak Mauludin :
trus CAK AZIZ berdiri…..laaa….sampeyan seng apal…malah CAK AZIZ …PERGI…..
Pak Mustofa : ha..ha ..ha..ha..haaa
Pak Mauludin:
kamu gimaanaaa… kamu itu…nah kok malah.. WAKIL EMPAT yang malah…lebih HAPAL doanya
Pak Eko:
cuman.. anu…kalo saya denger juga..orang yang pernah dikasi ilmu sama PAK EFFENDI ini …itu..ya sebagian doa-doa nya memang quran hadits…tapi sebagian ada kalimat-kalimat yang tidak ada di QURAN HADITS .
Pak Mustofa : buatan sendiri
Pak Eko:
dengan… waktu-waktu…. tempat-tempat tertentu…
Pak Mauludin: iya.
Pak Eko : contohnya dia harus….untuk membaca do'a itu ditempat yang gelap …jam sekian dibaca kali…nah gitu..dan…dicoba itu betul…loh iya.e..
Pak Mustofa : PAK DHOHIR.. moh mal`e –yan… ( pak Dhohir malah ga mau…)
Pak Eko : ha…
Pak Mustofa : PAK DHOHIR mau juga…
Pak Eko : oh..bukan PAK DHOHIR..ada Jamaah yang…
Pak Mustofa : oh..iyo…terus
Pak eko : cuman jamaah akhirnya… untuk yang doa ini doa ini… memang quran hadist ….tapi syarat yang ini…doa yang ini
Mauludin : iyaa..jadi gimana menilainya ..bingung jamaah ini …PAK EFFENDI dituduh JIN-JINAN tapi…. genti PAK EFFENDI mbales…malah WAKIL EMPAT yang JIN-JINAN…ha ha ha…. Jadi yaa begitu la tadi…e…kita ga tau….
Jadi saya begitu aja PAK EKO …orang Jamaah mau sama sih… sudah saya…belum ngomong itu sudah saya dahulukan itu…sampeyan Jamaah sampeyan ngerti peraturan…sebelum ngomong sama saya ..…saya ini ndak boleh kemana-mana ..saya dirumah aja…saya bilang begitu…saya ng.. ngga bisa bertamu ke mana-mana
si ADIB[30] itu Qurannya ketinggalan…..pada waktu liburan pulang …sms ..Pak kan sekarang daerahan di Jakarta pondok gede tolong Bapak anterkan ke sana bapak sendiri…saya balas lagi Bapak ga boleh kesana dulu gitu…jadi kamu…e…Bapak minta alamatnya pondok mana…nanti Bapak kirim kan quran kamu itu
Pak mustofa : sekarang mana quran nya….
Mauludin : hehehe…beneran…kalo mau..
Pak mustofa : mana…
Mauludin : iya…makanya itu saya bilang….DIB..Bapak itu ga boleh kemana-mana dulu termasuk pondok gede… ga boleh kesana…..
Pak mustofa : gawanen
Pak eko : wes jam piro iki
Pak Mustofa : tekan ga seko kono…
Pak eko : perjalanan enem jam…insyaalloh …nem jam-an ( 6 jam )
Pak Mustofa : 12…1..2..3..4..5..6.. ya…maghrib seko kono engko
Pak Mustofa : jadi yang jelas sekarang…PAK EKO dengan SAYA dengan PAK ABDULLOH
Pak Eko : berseberangan …
Pak Mustofa : berseberangan …iyaa….kepahaman nya…
Pak Eko : ya…… kalo masalah ini …yang saya pahami dengan PAK TOFA dengan dasar QURAN HADIST dan keimaman ini …..ternyata permaslahatan[31] adanya IMAMAH dan permaslahatan adanya PERSENAN itu dirasakan sangat besar sekali manfaatnya…jadi… orang yang tadinya ini… ngga' faham tentang ibadah jadi faham ibadah….yang tadinya orang ini dalam penggunaan harta itu… juga tau gimana manfaatnya…akhirnya dia gunakan untuk hal-hal yang ga manfaaat…. tapi dengan diberikan penjelasan tentang infaq….apalagi ditentukan masalah PERSENAN …mereka banyak yang pecah semangat… timbulkan kesan ..seneng gitu lo..malahan…kalo saya tau begini, yaa…dari dulu-dulu saya seneng.. jadi permasalahan ini cukup bukan dikatakan dan cukup besar sekali….apalagi untuk perkembangan jamaah tapi juga..untuk ..untuk..[32]
Pak Mustofa : bangunan pondook…
Pak Eko : yaa…untuk pembelaan….ya.. hati saya itu sampai saat ini saya anggap bahwa apa ..yaa kalo PAK ABDULLOH mang tetep begitu yaa…itu kan haknya PAK ABDULLOH
Pak Mauludin : iyaa
Pak Eko: kan….apa namanya ….keyakinan dalam hati ini orang kan masing-masing ngga' sama
Pak Mauludin: ngga bisa dipaksakan ….
Pak Eko:
yaaa… memang kalo menurut saya…yaitu laa yang kaya saya… saya sampaikan ke PAK ABDULLOH waktu lalu itu …untuk amannya kita…. supaya kita… ga kena dampak dari fitnah itu yang terjadi pada kita… kan kemaren saya sudah cerita …orang hidup itu bisa jadi…dengan keadaan kondisi semacam itu makin benci dengan pusat ..tambah muangkel ya ada ..tapi ada sebaliknya yang dengan PAK ABDULLOH juga… yang tadinya itu simpatisan senang… menjadi benci….
Pak Mauludin : oo..iyaa banyak…he..he
Pak Eko : o iya ..makanya
Pak Mauludin: banyaknya…nggilani kok…macem macem
Pak eko :
saya kira itu…paling aman yaa PAK HAJI ABDULLOH di rumah sini,.. gak kemana-mana tidak memberikan …. kalo menurut saya ini …ga usah mau menyampaikan stetmen-stetmen atau pun…
Pak Mustofa : hehehe…
Pak Mauludin:
ee…betul itu…e…ya..saya……jadi yaa.. silahkan aja karena gantinya Pak itu.. pusat ya…silahkan lah membatasi jamaah…. memagari jamaah ….saya juga akan membantu…. setiap mereka mau mengorek ngorek saya ….akan saya pagari dulu….kamu Jamaah? Kamu kena peraturan ini….saya gitu aja…
Pak Eko :
yaa….baiklah kalo gitu mang … PAK ABDULLOH…..berarti PAK ABDULLOH bisa membantu…
Pak Mauludin : pusat..?
Pak Eko : ho eh
Pak Mauludin: iya… ga pa pa
Pak Eko : membantu untuk MEMAGARI pusat ini….
Pak Eko :
soalnya saya juga…. Nggak…nggak inginlah…ada ..eee…apa.. dampak buruk yang… terjadi pada kita ngga…ngga kita harapkan….
Pak Mustofa : oke
Untuk file PDF dapat di downoad di
http://www.4shared.com/file/232520633/7fa72244/Transkrip_Rekaman_Dialog_Ut_Ma.html
------
[1] قال شيخ الإسلام محمد بن عبدالوهاب :" الأئمة مجمعون من كل مذهب على أن من تغلب على بلد له حكم الإمام في جميع الأشياء و لولا هذا ما استقامت الدنيا لأن الناس من زمن طويل قبل الإمام أحمد إلى يومنا هذا ما اجتمعوا على إمام واحد و لا يعرفون أحداً من العلماء ذكر أن شيئاً من الأحكام لا يصح إلا بالإمام الأعظم* الدرر السنية (7/239) و معاملة الحكام 24.
Berkata Syaikh Islam Muhammad bin Abdul Wahhab;" Para Imam madzhab telah bersepakat bahwa Barangsiapa yang mendominasi/menguasai atas sebuah negara, maka baginya hukum imam atas semua perkara, kalaulah tidak demikian, maka tidaklah tegak dunia, dikarenakan manusia dari tempo yang lama sebelum Imam Ahmad hingga sekarang, mereka tidak berkumpul pada seorang imam dan mereka tidak mengetahui seorangpun dari ulama yang menyebutkan sesuatupun dari hukum-hukum bahwa tidak sah (sebuah keamiran) kecuali dengan tegaknya imam a'dhom. (dinukil dari kitab Ad-Duraru As-tsanyah 7/239)
[2] قال رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَنْ أَتَاكُمْ وَأَمْرُكُمْ جَمِيعٌ عَلَى رَجُلٍ وَاحِدٍ يُرِيدُ أَنْ يَشُقَّ عَصَاكُمْ أَوْ يُفَرِّقَ جَمَاعَتَكُمْ فَاقْتُلُوهُ* رواه مسلم
Rosulululloh bersabda: Barang siapa yang datang dan perkara kalian telah berkumpul pada seseorang ( kalian telah sepakat mengangkat seorang imam) kemudian dia berkehendak memecah jamaah kalian, maka bunuhlah dia* HR. Muslim
[3] Maksudnya Ust. Eko Adalah "bagaimana dengan keberadaan Jama'ah354"
[4] قد صلى ابن عمر رضي الله تعالى عنهما بأهل المدينة يوم الحرَّة وقال : ( نحن مع من غلب ) ([4]) . وقال : ( لا أقاتل في الفتنة ، وأصلي وراء من غلب ) ([4])
Dan Ibnu Umar Rodhiallohu 'anhu telah sholat dengan ahli madinah di zaman harroh dan ia berkata "Kami bersama orang yang mengalahkan/menang" (dinukil dari kitab tobaqot al-qubro 8/232), dan ia berkata " aku tidak berperang didalam masalah fitnah dan aku akan sholat dibelakang orang yang menang. ( dinukil dari kitab tobaqot kubro- sanadnya shohih-lihat irwa al-gholil 2/304)
[5] Dan memang sangat mustahil bila tiba-tiba sang murid merasa benar sendiri, menyelisihi aqidah Dan manhaj guru-gurunya.
[6] Memang idealnya pengangkatan seorang Amir dengan cara musyawarah mufakat, namun bila cara ini tidak membuahkan hasil, tidak tercapainya kesepakatan Diantara kaum muslimin, maka siapa yang didukung oleh ahlu saukah / kelompok yang memiliki kekuatan Dan ia menjadi penguasa Dan pemerintahan dikendalikan olehnya, maka ialah yang tetap wajib ditaati Dan hak bai'at syar'I ada padanya ( ini adalah ringkasan jawaban dari Syaikh islam ibnu taimiyah di dalam kitab minhaju as-sunnah, ketika Syaikh menjawab orang-orang syi'ah rofidhoh
[7] Diantara selebaran itu berbunyi " Menunda bai'at merugikan diri dan keluarga"
[8] Yakni Amir yang dibai'at Jama'ah354 saat ini
[9] وَلَا يَحِلُّ لِثَلَاثَةِ نَفَرٍ يَكُونُونَ بِأَرْضِ فَلَاةٍ يَتَنَاجَى اثْنَانِ دُونَ صَاحِبِهِمَا* رواه احمد
[10] وَابْنُ لَهِيعَةَ ضَعِيفٌ عِنْدَ أَهْلِ الْحَدِيثِ ضَعَّفَهُ يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ الْقَطَّانُ وَغَيْرُهُ مِنْ قِبَلِ حِفْظِهِ* الترمذي
Dan adapun ibnu lahi'ah Adalah lemah menurut ahli hadits, dia di dho'ifkan oleh yahya bin sa'id al-qotthon Dan selainnya dari sisi hafalannya. Sunan at-tirmidzi
[11] Hadits Riwayat Imam Ahmad diatas, kedudukannya dho'if, tentunya tidak dapat dijadikan hujjah, sebagaimana telah dijelaskan oleh Syaikh Muhammad Nashirudddin Al-albany didalam kitab silsilah hadits dho'ifah
- " لا يحل لثلاثة نفر يكونون بأرض فلاة إلا أمروا عليهم أحدهم " .ضعيف .رواه أحمد ( رقم 6647 ) من طريق ابن لهيعة قال : حدثنا عبد الله بن هبيرة عن أبي سالم الجيشاني عن عبد الله بن عمرو مرفوعا في حديث . قلت : وهذا سند ضعيف من أجل ابن لهيعة فإنه ضعيف لسوء حفظه . والذي صح في هذه الباب ما أخرجه أبو داود ( 1 / 407 ) وغيره من حديث أبي هريرة مرفوعا بلفظ : " إِذَا كَانَ ثَلَاثَةٌ فِي سَفَرٍ فَلْيُؤَمِّرُوا أَحَدَهُمْ " . وسنده حسن ، وله شواهد انظرها إن شئت في " المجمع " ( 5 / 255 ) ، وكلها بلفظ الأمر ليس في شيء منها " لا يحل " . فهذا مما تفرد به ابن لهيعة فهو ضعيف منكر . أقول هذا تحقيقا للرواية وبيانا للفرق بين ما صح من الحديث وما لم يصح . فإنه يترتب على ذلك نتائج هامَة أحيانا وذلك لأن لفظ : " لا يحل " نص في حرمة ترك- سلسلة الأحاديث الضعيفة والموضوعة وأثرها السيئ في الأمة 2/56
" Tidaklah halal bagi tiga orang yang berada di dataran yang luas, kecuali mereka mengangkat pemimpin pada salah seorang dari mereka" dho'if, Hadits Riwayat Ahmad no.6647 dari jalan abdulloh bin lahiah, ia berkata; "menceritakan kepadaku Abdulloh bin hubairoh, dari abi salim al-jaisani, dari abdulloh bin amru secara marfu' di dalam hadits. Saya ( Syaikh Al-albani ) berkata: Sanadnya dho'if dari arah abdulloh bin lahiah, sesungguhnya ia dho'if karena hafalannya jelek, Dan yang shohih tentang Bab ini adalah hadits yang dikeluarkan oleh abi dawud (1/407) dan selainnya dari hadits abu hurairoh secara marfu' dengan lafadz " ketika tiga orang bepergian maka hendaklah mereka mengangkat salah satu mereka menjadi pemimpin" dan sanadnya hasan dengan hadits-hadits penguat lihatlah "kitab majma'" 5/255 dan semua hadits penguat menggunakan lafadz "amr/kata perintah" tidak ada yang menggunakan kata " لا يحل " . lafad ini hanya dari ibnu lahiah dan itu lemah lagi munkar, aku katakan ini sebagai penelitian periwayatan dan sebagai penjelas untuk membedakan antara hadits yang sah dengan hadits yang tidak sah, sesungguhnya merunut/tertib seperti ini terkadang sebagai hasil maksimal, dan dengan demikian lafadz " لا يحل " adalah teks/nash "keharaman meninggalkan/tidak melakukan.."
3. Sebagai kesimpulan, bahwa hadits yang shohih adalah bab perintah mengangkat pemimpin didalam perjalanan, sebagaimana riwayat sunan abi dawud lewat abu hurairoh dan aby sa'id al-khudry
87 - باب فِى الْقَوْمِ يُسَافِرُونَ يُؤَمِّرُونَ أَحَدَهُمْ.
Bab tentang kaum yang bepergian, mereka mengangkat pemimpin pada salah satu mereka
2610 - عَنْ أَبِى سَعِيدٍ الْخُدْرِىِّ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ j قَالَ « إِذَا خَرَجَ ثَلاَثَةٌ فِى سَفَرٍ فَلْيُؤَمِّرُوا أَحَدَهُمْ ».رواه ابو داود
Dari abi sa'id al-khudri, sesungguhnya Rosululloh j berkata;"ketika tiga orang bepergian, maka hendaklah mereka mengangkat salah satu mereka menjadi pemimpin"
( فليؤمروا أحدهم ) قال الخطابي إنما أمر بذلك ليكون أمرهم جميعا ولا يتفرق بهم الرأي ولا يقع بينهم الاختلاف - انتهى 7/192
(maka hendaklah mereka mengangkat salah satu mereka menjadi pemimpin) berkata khotoby " sesungguhnya perintah tersebut agar urusan mereka menjadi satu/kompak, dan tidak terjadi perbedaan pendapat dan tidak terjadi perselisihan di antara mereka "-sampai di sini-
Dengan demikian mengangkat imam Safar adalah sunnah dan ma'ruf,
قَالَ نَافِعٌ فَقُلْنَا لِأَبِي سَلَمَةَ فَأَنْتَ أَمِيرُنَا
Oleh karenanya Nafi' berkata Abi Salamah; " engkau Amir kami ( di dalam perjalanan-pent) dan tentunya ini hanya berlaku di saat Safar saja, hanya bersifat sementara.
[12]Ini yang dimaksud oleh ust.Eko:
عن عبد الله بن عمرو d ان النبي j قال : لَا يَحِلُّ لِثَلَاثَةِ نَفَرٍ يَكُونُونَ بِأَرْضِ فَلَاةٍ إِلَّا أَمَّرُوا عَلَيْهِمْ أَحَدَهُمْ* رواه احمد (صحيح لغيره)
وأورده الهيثمى فى "مجمع الزوائد" 8/63-64 وقال رواه أحمد وفيه ابن لهيعة وفيه لين وبقية رجاله رجال الصحيح, وله شاهد من حديث أبي ساعد الخدري عند أبي داود رقم 2608 وهو حديث حسن, وآخر من حديث أبي هريرة عند أبي داود رقم 2609 وهو حديث حسن)
[13] Sampai disini kita jadi dibuat bingung oleh seorang ahli hadits jama'ah354 ini, yakni dari mana ia belajar ilmu mustholah hadits…atau setidaknya kitab mustholah hadits mana yang menjelaskan walau ada seorang perowi yang lemah lantas hadits tersebut dapat terangkat menjadi hasan / shohih dikarenakan jalur perowi diatasnya adalah orang-orang yang tsiqoh???? Akal sehatpun sulit menerimanya...dan untuk footenote no 11 maksudnya adalah hadits yang menjadi penguat adalah hadits sa'id al-hudri ( hadits ini yang shohih) yang tidak melewati rowi yang bernama ibnu lahiah.
[14] Hadits tentang imam safar yang derajatnya shohih tidak melewati perowi Abdullah bin lahiah, seperti dibawah ini;
2610 - حَدَّثَنَا عَلِىُّ بْنُ بَحْرِ بْنِ بَرِّىٍّ حَدَّثَنَا حَاتِمُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَجْلاَنَ عَنْ نَافِعٍ عَنْ أَبِى سَلَمَةَ عَنْ أَبِى سَعِيدٍ الْخُدْرِىِّ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « إِذَا خَرَجَ ثَلاَثَةٌ فِى سَفَرٍ فَلْيُؤَمِّرُوا أَحَدَهُمْ ». * رواه ابو داود- قال الألباني :حسن صحيح.
[15] بَاب كَيْفَ الْأَمْرُ إِذَا لَمْ تَكُنْ جَمَاعَةٌ
[16] وَالْمَعْنَى مَا الَّذِي يَفْعَل الْمُسْلِم فِي حَال الِاخْتِلَاف مِنْ قَبْلِ أَنْ يَقَع الْإِجْمَاع عَلَى خَلِيفَة
Artinya adalah " Apa yang mesti dilakukan oleh seorang muslim di dalam keadaan perselisihan sebelum terwujudnya kesepakatan atas (pengangkatan) seorang Kholifah"
[17] Yang dimaksud adalah Almarhum Kiyai Mas'udi, Guru pembimbinng para mubaligh paku bumi awal
[18] Nama seseorang yang melakukan jaringan bisnis penipuan di tubuh jamaah354 yang bernilai triliyunan rupiah, hingga banyak menyeret para pembesar-pembesar 354 ikut berjibaku di bisnis tipu-tipu ini termasuk Amir yang di bai'at saat ini yang dalam penyelesaiannya Allohu a'lam, mungkin akan diselesaikan di akhirat
[19] Yang dimaksud adalah Onto Rejo putra Yusuf Thohir yang merupakan menantu dari H. Nurhasan
[20] Saat itu perjalanan Haji Umroh Lima Utama bermasalah karena para jama'ah haji tidak bisa ke Madinah ( hal ini berkenaan dengan macetnya investasi penipuan Maryoso)
[21] Maksudnya adalah shodaqoh / infaq yang bersifat Sunnah
[22] قَالَ مَنْ جَهَّزَ جَيْشَ الْعُسْرَةِ فَلَهُ الْجَنَّةُ* رواه البخاري
Nabi bersabda: "Barang siapa yang mempersiapkan perbekalan Pasukan yang sulit maka baginya surga"
Jaisy al-'usroh Yakni nama pasukan pada perang tabuk pada bulan rojab tahun 9 hijryah untuk memerangi pasukan romawi, Nabi menganjurkan penduduk Madinah dan sekitarnya untuk berperang di saat beratnya pertengahan musim panas, saat dimana buah pada ranum, baiknya cuaca untuk berdiam diri di rumah maka hal ini membuat mereka merasa berat untuk berperang. ( Syarah Tuhfatu al-ahwadzi dan al-fushul fii shiroh )
[23] قَالَ ابْنُ عُمَرَ أَوْ عُمَرُ كُلُّ شَرْطٍ خَالَفَ كِتَابَ اللَّهِ فَهُوَ بَاطِلٌ وَإِنْ اشْتَرَطَ مِائَةَ شَرْطٍ* رواه البخار
Ibnu umar atau umar berkata: " setiap syarat yang menyelisihi pada Kitabullah maka bathal ( rusak ) meskipun dibuat seratus syarat. HR.Bukhori
[24] Maksud ust. Eko adalah ucapan Abdurrohman al-mubarokfury ( penulis kitab tuhfatu al-ahwadzi syarah sunan at-tirmidzi ) ia menjelaskan;
وَفِيهِ أَنَّ الْإِمَامَ إِذَا أَمَرَ بِمَنْدُوبٍ أَوْ مُبَاحٍ وَجَبَ
Dan termasuk pengertian ini adalah bahwa seorang imam ketika memerintahkan dengan perkara mandub (sunnah) atau mubah (boleh) maka wajib (hukumnya).
Namun ust. Eko lupa bahwa hak ini diberikan kepada Amir yang berkuasa, bukan imam yang jadi-jadian, buktinya Abdurrohman al-mubarokfuri selanjutnya mengutip perkataan al-mudzhir;
قَالَ الْمُظْهِرُ : يَعْنِي سَمَاعُ كَلَامِ الْحَاكِمِ وَطَاعَتُهُ وَاجِبٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ سَوَاءٌ أَمَرَهُ بِمَا يُوَافِقُ طَبْعَهُ أَوْ لَمْ يُوَافِقْهُ بِشَرْطِ أَنْ لَا يَأْمُرَهُ بِمَعْصِيَةٍ ، فَإِنْ أَمَرَهُ بِهَا فَلَا تَجُوزُ طَاعَتُهُ ، وَلَكِنْ لَا يَجُوزُ لَهُ مُحَارَبَةُ الْإِمَامِ *(تحفة الأحوذي 5/299).
Berkata Al-mudzhir: maksudnya adalah mendengarkan ucapan penguasa dan mentoatinya adalah wajib bagi setiap muslim, kedudukannya sama, Amir perintah kepadanya dengan hal yang mencocoki tabiatnya ataupun tidak dengan syarat bahwa Amir tidak perintah dengan maksiat, jika amir memerintah maksiat kepadanya maka tidak boleh mentaatinya, akan tetapi tidak boleh bagi seorang muslim memeranginya
[25] الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الْإِسْلَامَ دِينًا (3) سورة المائدة
pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu Jadi agama bagimu.
[26] يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا لَا تُقَدِّمُوا بَيْنَ يَدَيِ اللَّهِ وَرَسُولِهِ ... (1) سورة الحجرات
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mendahului Allah dan Rasulnya. Surat Al-hujurot ayat 1
[27] Maksudnya adalah program penerobos ibu-ibu yang melakukan safari ( bepergian yang tidak didampingi oleh mahromnya) kedaerah-daerah diwilayah 354 untuk memberikan nasihat pemantapan agama , dalil yang dimaksud oleh ust.mauluddin adalah:
قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا يَحِلُّ لِامْرَأَةٍ تُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ أَنْ تُسَافِرَ مَسِيرَةَ يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ لَيْسَ مَعَهَا حُرْمَةٌ* رواه البخاري
[28] Artinya " sebenarnya itu yang benar yang mana?"
[29] Amir jama'ah354 yang ke kedua
[30] Anak laki-laki ust. mauluddin
[31] Dari kata 'mashlahat'
[32] Apakah ini merupakan hujjah??? dengan alasan kemaslahatan? Kita sedang beragama bukan berpolitik dunia, kita tidak boleh membuat syari'at baru kita hanya diperintah ittiba' di dalam beragama,
Apakah ust.Eko akan membangun kaidah
" sesuatu yang dilarang,maka akan diperbolehkan kalau menjadikan maslahat"???
Apakah misal seorang maling, saat dia mencuri membaca Bismillah dan diniati disumbangkan ke masjid, lantas tindakannya mencuri menjadi halal???
Termasuk mewajibkan infaq persenan yang hakikatnya adalah upeti/pajak yang menyelisihi hukum zakat, lantas dengan alasan tujuannya baik untuk kemaslahatan ummat, maka hukumnnya menjadi boleh???
Syari'at agama islam ini sudah sempurna, syarat diterimanya suatu amalan adalah ikhlash dan ittiba'/ mengikuti sunnah kalau tidak maka ibadah kita tidak akan diterima termasuk praktek berjama'ah / bai'at dan mewajibkan infaq persenan dan lain-lainnya. Agama ini dibangun dengan keyakinan diatas dalil-dalil yang kokoh bukan diatas persangkaan manusia.
Berkenaan dalam hal pengumpulan harta manusia oleh seorang amir yang berkuasa untuk disimpan di baitu al-mal, maka Allah telah menetapkan syari'at zakat, jizyah bagi kafir ziimi, harta rampasan perang, harta kekayaan / aset / usaha-usaha yang dikelola oleh negara dan lain-lain. Adapun selainnya adalah infaq atau shodaqoh yang bersifat sunnah dan tidak boleh diwajibkan dengan ketentuan yang mirip zakat kepada rakyat apa lagi disertai intimidasi, kalau diwajibkan maka melanggar ketentuan zakat yang telah dinashkan, kalau menyelisihi zakat maka namanya adalah pajak/upeti/cukai yang diharamkan di dalam agama. Untuk membangun masjid misalnya ada targhib / anjuran dari rosululloh pahala bagi orang yang membangun masjid, menolong orang yang kesulitan sudah ada dalilnya dan lain-lain.