KOMITE TETAP PENELITIAN ILMIAH DAN FATWA
KERAJAAN SAUDI ARABIA
Soal ke 4 : Rosul As-tsaqolain Muhammad j bersabda :
تركت فيكم أمرين كتاب الله وسنتي لن تضلوا ما استمسكتم بهما
"Telah kutinggakan dua perkara yakni kitabullah dan sunnahku di tengah-tengah kalian, kalian tidak akan sesat selagi berpegang teguh dengan keduanya"
Apakah ada di dalam syari'at Islam, sumber hukum lain selain keduanya?
Jawab :
الحمد لله وحده والصلاة والسلام على رسوله وآله وصحبه.. وبعد
Hukum-hukum syari'at dijelaskan di atas nash-nash Kitabullah dan Sunnah Rosul-Nya j serta Ijma' dan Qiyas yang shahih yang dikumpulkan dan disandarkan dari Al-qur'an dan Sunnah.
Adapun bila seorang muslim belum mampu untuk mengambil hukum ( beristinbath ) dari dalilnya, maka boleh baginya untuk bertaklid kepada ulama yang paling terpercaya yang ia kenal, berdasarkan firman Allah :
فَاسْأَلُوا أَهْلَ الذِّكْرِ إِنْ كُنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ* سورة النحل الآية 43
Maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui
Komite Tetap Riset Ilmiyah dan Fatwa
Ketua : Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz
Wakil Ketua : Abdur Rozzaq Afifi
Anggota : Abdullah bin Gadyan
Anggota : Abdullah bin Qa'ud
--------------------------------------------
من أدلة الأحكام الإجماع والقياس الصحيح
س4: قال رسول الثقلين محمد صلى الله عليه وسلم: « تركت فيكم أمرين كتاب الله وسنتي لن تضلوا ما استمسكتم بهما » سنن الترمذي تفسير القرآن (3075),سنن أبو داود السنة (4703),مسند أحمد بن حنبل (1/45),موطأ مالك الجامع (1661).
أفي الأحكام الشرعية الإسلامية ما سوى هذين الدليلين؟
جـ: الحمد لله وحده والصلاة والسلام على رسوله وآله وصحبه.. وبعد: أحكام الشريعة مبنية على النصوص من كتاب الله وسنة رسوله صلى الله عليه وسلم وما ضم إليهما مما يستند إليهما من الإجماع والقياس الصحيح. والمسلم إذا كان عاجزا عن أخذ الحكم من دليله يجوز له أن يقلد أوثق من يعرفه من العلماء لقوله تعالى: { فَاسْأَلُوا أَهْلَ الذِّكْرِ إِنْ كُنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ } سورة النحل الآية 43
اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء
عضو ... عضو ... نائب الرئيس ... الرئيس
عبد الله بن قعود ... عبد الله بن غديان ... عبد الرزاق عفيفي ... عبد العزيز بن عبد الله بن باز
--------------------------------------
Soal ke 5 : Apakah pintu ijtihad telah tertutup ataukah masih terbuka?
Jawab :
الحمد لله وحده والصلاة والسلام على رسوله وآله وصحبه.. وبعد :
Pintu ijtihad tidaklah tertutup, tetapi terbuka bagi ahli ilmu dan keimanan dan bagi orang yang memiliki bashiroh / kecakapan tentang Kitabullah dan Sunnah Rasulullah j dan mengetahui ucapan para salaf dari para sahabat Nabi j dan orang-orang yang mengikuti mereka secara baik dari kalangan ahli ilmu dan keimanan. Adapun orang yang tidak memiliki kemampuan di atas, maka wajib baginya untuk bertanya kepada ahli ilmu sebagaimana jawaban pada soal yang keempat yang lalu.
وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم.
Komite Tetap Riset Ilmiyah dan Fatwa
Ketua : Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz
Wakil Ketua : Abdur Rozzaq Afifi
Anggota : Abdullah bin Gadyan
Anggota : Abdullah bin Qa'ud
---------------------------------------
س5: هل باب الاجتهاد مغلق أم غير مغلق؟
ج5: الحمد لله وحده والصلاة والسلام على رسوله وآله وصحبه.. وبعد : باب الاجتهاد لم يغلق بل هو مفتوح لأهل العلم والإيمان والبصيرة في كتاب الله وسنة رسوله صلى الله عليه وسلم وكلام من سلف من أصحاب النبي صلى الله عليه وسلم وأتباعهم بإحسان من أهل العلم والإيمان، أما من ليس كذلك فالواجب عليه سؤال أهل الذكر كما سبق في جواب السؤال الرابع.
وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم.
اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء
عضو ... عضو ... نائب الرئيس ... الرئيس
عبد الله بن قعود ... عبد الله بن غديان ... عبد الرزاق عفيفي ... عبد العزيز بن عبد الله بن باز
----------------------------------------
PINTU IJTIHAD MASIH TERBUKA BAGI ORANG YAG AHLI
Apakah dapat diakui pintu ijtihad di dalam hukum syari'at terbuka bagi setiap insan?, atau adakah syarat-syarat yang mesti dimiliki oleh seorang mujtahid? Dan apakah setiap orang boleh memberikan fatwa dengan ro'yunya tanpa mengetahui dalil yang jelas? Dan bagaimana derajat haditsnya orang yang berkata;
أجرؤكم على الفتيا أجرؤكم على النار » (سنن الدارمي المقدمة (157)
" Lebih beraninya kalian pada fatwa, maka lebih beraninya kalian pada neraka" ( Sunan ad-darimi 105 ) atau apa maknanya?
Jawab :
الحمد لله وحده والصلاة والسلام على رسوله وآله وصحبه.. وبعد:
Pintu ijtihad di dalam mengetahui hukum-hukum syari'at akan senantiasa terbuka bagi orang yang ahli dengan hal itu, sebab ia adalah seorang 'alim dengan apa yang ia berhujjah di dalam menyelesaikan permasalahannya , dinama ia berhujjah dengan Al-qur'an dan Al-hadits,
- Ia adalah orang yang mampu memahami keduanya dan berdalil dengan keduanya sebagai tuntutan dari permasalahan tersebut.
- Ia adalah seorang 'alim dengan derajat hadits yang ia berdalil dengannya,
- Dan ia 'alim menempatkan ijma' terhadap masalah yang ia bahas, sehingga di dalam hukumnya ia tidak keluar dari ijma' kaum muslimin.
- Ia adalah orang yang menguasai bahasa arab yang memungkinkannya mampu memahami nash-nash agar mudah baginya untuk berdalil dan beristinbath ( mengeluarkan hukum-pent) dengan nash-nash tersebut
Dan tidak boleh bagi seseorang berkata tentang agama dengan ro'yunya, atau memberikan fatwa kepada manusia dengan tanpa ilmu, bahkan sebaliknya wajib baginya untuk memperoleh bimbingan dengan dalil yang syar'i kemudian dengan perkataan ahli ilmu dan pandangan mereka terhadap dalil-dalil dan metode mereka di dalam berdalil dan beristinbath dengannya, barulah ia berbicara atau berfatwa pada apa-apa memuaskan dirinya sebagai agama .
Adapun hadits " " Lebih beraninya kalian pada fatwa, maka lebih beraninya kalian pada neraka" ( Sunan ad-darimi 105 ) telah diriwayatkan oleh imam abdillah bin abdirrohman ad-darimi di dalam kitab sunannya dari jalur 'ubaidillah bin abi ja'far al-mishry secara mursal, dikarenakan 'ubaidillah yang disebutkan adalah seorang tabi'i bukan seorang sahabat ( bukan termasuk sahabat Nabi )
وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم.
Komite Tetap Riset Ilmiyah dan Fatwa
Ketua : Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz
Wakil Ketua : Abdur Rozzaq Afifi
Anggota : Abdullah bin Gadyan
Anggota : Abdullah bin Qa'ud
-----------------------------------------
باب الاجتهاد مفتوح لمن كان أهلا
السؤال الخامس من الفتوى رقم 2171
س: هل يعتبر باب الاجتهاد في الأحكام الإسلامية مفتوحا لكل إنسان، أو هناك شروط لا بد أن تتوفر في المجتهد، وهل يجوز لأي إنسان أن يفتي برأيه دون معرفته بالدليل الواضح، وما درجة الحديث القائل « أجرؤكم على الفتيا أجرؤكم على النار » (سنن الدارمي المقدمة (157) أو ما في معناه؟
جـ: الحمد لله وحده والصلاة والسلام على رسوله وآله وصحبه.. وبعد: باب الاجتهاد في معرفة الأحكام الشرعية لا يزال مفتوحا لمن كان أهلا لذلك بأن يكون عالما بما يحتاجه في مسألته التي يجتهد فيها من الآيات والأحاديث قادرا على فهمهما والاستدلال بهما على مطلوبه،
عالما بدرجة ما يستدل به من الأحاديث وبمواضع الإجماع في المسائل التي يبحثها حتى لا يخرج على إجماع المسلمين في حكمه فيها، عارفا من اللغة العربية القدر الذي يتمكن به من فهم النصوص ليتأتى له الاستدلال بها والاستنباط منها
وليس للإنسان أن يقول في الدين برأيه، أو يفتي الناس بغير علم، بل عليه أن يسترشد بالدليل الشرعي ثم بأقوال أهل العلم ونظرهم في الأدلة وطريقتهم في الاستدلال بها والاستنباط، ثم يتكلم أو يفتي بما اقتنع به ورضيه لنفسه دينا.
أما حديث « أجرؤكم على الفتيا أجرؤكم على النار » (سنن الدارمي المقدمة 157) فقد رواه الإمام عبد الله بن عبد الرحمن الدارمي في سننه عن عبيد الله بن أبي جعفر المصري مرسلا؛ لأن عبيد الله المذكور تابعي وليس بصحابي.
وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم.
اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء
عضو ... عضو ... نائب الرئيس ... الرئيس
عبد الله بن قعود ... عبد الله بن غديان ... عبد الرزاق عفيفي ... عبد العزيز بن عبد الله بن باز