HUKUM BERDO'A MENGANGKAT KEDUA TANGAN DIWAKTU KHUTBAH JUM'AT BAGI MAKMUM DAN KHOTIB

Selasa, 26 Januari 2010


Apakah hukum mengangkat kedua tangan Bagi para makmum untuk membaca amin atas do'a Imam dikala khutbah Jum'at, dan apa hukum mengeraskan suara dengan ucapan "Amin"?
Jawab :Tidak disyari'atkan mengangkat kedua tangan di waktu khutbah jum'at, tidak bagi imam dan tidak pula bagi para makmum, karena Rasulullah J dan Khalifah Rasyidin tidak mengerjakannya, Akan tetapi seandainya Imam berdo'a meminta hujan dikala khutbah jum'at, maka disyari'atkan baginya dan bagi para makmum mengangkat kedua tangan, karena sesungguhnya Nabi J tatkala berdo'a minta hujan di saat khutbah jum'at Beliau mengangkat kedua tangannya dan manusiapun mengangkat tangan mereka. Allah telah berfirman ;
لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ (21) سورة الأحزاب
" Sungguh telah ada bagi kamu sekalian pada diri Rasulullah suri tauladan yang baik"
Adapun membaca amin-nya para makmum, secara umum tidak mengapa, tanpa mengeraskan suara, wabillahi taufiq
( Syaikh Bin Baz Kitab Fatawa Islamiyah )
س ما حكم رفع اليدين للمأمومين للتأمين على دعاء الإمام في خطبة الجمعة ، وما حكم رفع الصوت بقول آمين ؟
ج لا يشرع رفع اليدين في خطبة الجمعة لا للإمام ولا للمأمومين ، لأن الرسول صلى الله عليه وسلم لم يفعل ذلك ولا خلفاؤه الراشدون ، لكن لو استسقى في خطبة الجمعة شرع له وللمأمومين رفع اليدين لأن النبي صلى الله عليه وسلم لما استسقى في خطبة الجمعة رفع يديه ورفع الناس أيديهم . وقد قال الله سبحانه { لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ (21) سورة الأحزاب } . الآية أما التأمين من المأمومين على دعاء الإمام في الخطبة فلا ألعم به بأساً بدون رفع الصوت . وبالله التوفيق .
الشيخ ابن باز- الكتاب : فتاوى إسلامية
* * *
Syaikh Utsaimin ditanya : Apa hukum mengangkat kedua tangan ketika imam sedang berdo'a di waktu khotbah jum'at? Dan apa hukumnya membaca amin dengan suara berbarengan (koor) ?
Syaikh menjawab : Mengangkat kedua tangan ketika berdo'a diwaktu khotbah, sesungguhnya hanya disyari'atkan pada saat do'a minta hujan saja, sebagaimana hadits Anas bin Malik Rodhiallohu 'anhu, ketika imam berdo'a dengan do'a minta hujan, ia berdo'a: " Ya Allah hujanilah kami", Ya Allah bantulah kami", maka disinilah baik khatib maupun para pendengar khutbah semua mengangkat tangan, dan selain itu tidak ada mengangkat tangan, tidak bagi imam tidak pula bagi makmum. Oleh karenanya para sahabat Rodhiallohu 'anhum telah mengingkari pada Bisyr bin Marwan ketika ia mengangkat kedua tangannya untuk berdo'a disaat khutbah jum'at. Dan sesungguhnyalah seorang imam cukup ber-isyarah ketika berdo'a dengan sebuah isyarah kepada Maha Tingginya dzat yang dido'a-i dan Dialah Allah tabaroka wata'ala.
Adapun membaca amin dengan keras, maka sesungguhnya itu menghalangi kesempurnaan mendengarkan khotbah, akan tetapi jika seorang makmum menghendaki untuk membaca amin, maka hendaklah ia membaca amin dengan samar dan tidak berdosa atasnya.
( Kitab Majmu' Al-Fatawa wa Ar-Rosail Syaikh Utsaimin)
* * *
4421- وسئل فضيلة الشيخ - رحمه الله تعالى -: ما حكم رفع اليدين للمأموم حينما يدعو الإمام أثناء خطبة الجمعة؟ وما حكم التأمين بصوت جماعي؟
فأجاب فضيلته بقوله: رفع اليدين عند الدعاء في الخطبة إنما يشرع في دعاء الاستسقاء فقط، لما جاء في حديث أنس بن مالك رضي الله عنه، فإذا دعا الإمام بالاستسقاء أي قال: اللهم اسقنا، اللهم أغثنا، فهنا ترفع الأيدي يرفعها الخطيب والمستمعون كلهم، وفي غير ذلك لا رفع لا للإمام ولا للمأمومين، ولهذا أنكر الصحابة رضي الله عنهم على بشر بن مروان حين رفع يديه بالدعاء في خطبة الجمعة، وإنما يشير الإمام إشارة فقط عند الدعاء إشارة إلى علو المدعو وهو الله تبارك وتعالى.
أما التأمين جهراً فإن ذلك ينافي كمال الاستماع إلى الخطبة، لكن إذا أراد أن يؤمن المأموم فليؤمن سرًّا ولا حرج عليه في ذلك.
مجموع فتاوى ورسائل الشيخ محمد صالح العثيمين - المجلد السادس عشر - كتاب صلاة الجمعة
==