"LEMBAGA TETAP PENELITIAN ILMIAH DAN
FATWA KERAJAAN SAUDI ARABIA"
Soal:
Siapakah salafiyah dan apa pendapat kalian tentangnya?
Jawab:
Salafyah adalah nisbah kepada salaf, dan salaf adalah para sahabat Rasulullah j dan para imam yang mendapatkan petunjuk dari tiga generasi terdahulu yang telah direkomendasikan oleh Rasulullah j dengan kebaikan dalam sabdanya :
خَيْرُ النَّاسِ قَرْنِي ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ ثُمَّ يَجِيءُ أَقْوَامٌ تَسْبِقُ شَهَادَةُ أَحَدِهِمْ يَمِينَهُ وَيَمِينُهُ شَهَادَتَهُ * رواه الإمام أحمد في مسنده والبخاري ومسلم
Manusia yang paling baik adalah generasiku, kemudian yang setelahnya, dan yang setelahnya. Kemudian setelah itu datanglah sekelompok kaum yang persaksian salah seorang di antara mereka mendahului sumpahnya, da sumpahnya mendahului persaksiannya. (muttafaq 'alaih)
Dan salafiyun jama' dari salafi nisbah kepada salaf. Mereka adalah orang-orang yang berjalan di atas manhaj salaf dengan mengikuti Kitab dan Sunnah, mendakwahkan, dan beramal dengan keduanya, mereka itulah ahlussunnah wal jama'ah ( Fatwa lajnah Daimah 2/242 no. Fatwa 1361 )
السؤال الثاني من الفتوى رقم ( 1361 ) :
س2: ما هي السلفية وما رأيكم فيها؟
ج2: السلفية: نسبة إلى السلف، والسلف: هم صحابة رسول الله صلى الله عليه وسلم وأئمة الهدى من أهل القرون الثلاثة الأولى رضي الله عنهم الذين شهد لهم رسول الله صلى الله عليه وسلم بالخير في قوله: « خَيْرُ النَّاسِ قَرْنِي ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ ثُمَّ يَجِيءُ أَقْوَامٌ تَسْبِقُ شَهَادَةُ أَحَدِهِمْ يَمِينَهُ وَيَمِينُهُ شَهَادَتَهُ »[1] (1) رواه الإمام أحمد في مسنده والبخاري ومسلم
والسلفيون : جمع سلفي نسبة إلى السلف، وقد تقدم معناه، وهم الذين ساروا على منهاج السلف من اتباع الكتاب والسنة والدعوة إليهما والعمل بهما، فكانوا بذلك أهل السنة والجماعة .
وبالله التوفيق. وصلى الله على نبينا محمد، وآله وصحبه وسلم.
اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء
عضو ... عضو ... نائب رئيس اللجنة ... الرئيس
عبد الله بن قعود ... عبد الله بن غديان ... عبد الرزاق عفيفي ... عبد العزيز بن عبد الله بن باز
Syaikh Islam Ibnu Taimiyah berkata :
Tidak ada aib bagi orang yang menampakkan madzhab As-salaf dan menyandarkan diri dengannya dan bangga dengannya. Dan hal itu wajib diterima menurut kesepakatan para ulama. Karena tidaklah manhaj salaf terkecuali di atas kebenaran. Apabila ia sesuai dengan manhaj salaf secara lahir dan batin, maka dia layaknya seorang mukmin yang berada di atas kebenaran secara lahir dan batin. Dan jika yang sesuai hanya lahirnya saja sedangkan batinnya tidak, maka ia layaknya seorang munafik. (majmu' fatawa 4/149)
لَا عَيْبَ عَلَى مَنْ أَظْهَرَ مَذْهَبَ السَّلَفِ وَانْتَسَبَ إلَيْهِ وَاعْتَزَى إلَيْهِ بَلْ يَجِبُ قَبُولُ ذَلِكَ مِنْهُ بِالِاتِّفَاقِ . فَإِنَّ مَذْهَبَ السَّلَفِ لَا يَكُونُ إلَّا حَقًّا . فَإِنْ كَانَ مُوَافِقًا لَهُ بَاطِنًا وَظَاهِرًا : فَهُوَ بِمَنْزِلَةِ الْمُؤْمِنِ الَّذِي هُوَ عَلَى الْحَقِّ بَاطِنًا وَظَاهِرًا . وَإِنْ كَانَ مُوَافِقًا لَهُ فِي الظَّاهِرِ فَقَطْ دُونَ الْبَاطِنِ : فَهُوَ بِمَنْزِلَةِ الْمُنَافِقِ*
الكتاب : مجموع الفتاوى-ابن تيمية الحراني (المتوفى : 728هـ)
(1) [1] الإمام أحمد (4 / 426، 427، 479)، والبخاري [فتح الباري] برقم (2651، 3650، 6428، 6695)، ومسلم برقم (2535)، وأبو داود برقم (4657)، والترمذي برقم (2222، 2223).