TAKBIRAN JAMA'I

Sabtu, 28 November 2009

Fatwa Lembaga Tetap Penelitian Ilmiah dan Fatwa

Kerajaan Saudi Arabia

"Tentang Takbiran Jama'i"

الفتوى رقم ( 9887 )

س: نود من سماحتكم الإفادة عن حكم التكبير في أيام التشريق وأيام عيد رمضان المبارك جماعيا، وذلك بأن يقول الإمام بعد كل صلاة: الله أكبر، الله أكبر، الله أكبر، لا إله إلا الله، الله أكبر، الله أكبر ولله الحمد. ثم يردد الجماعة بصوت واحد ومرتفع بلحن يكررونها ثلاث مرات بعد كل صلاة، ولمدة ثلاثة أيام، علما بأن ذلك سائد في بعض قرى المنطقة الجنوبية.

Kami mohon kebaikan hati kalian memberikan fatwa tentang hukum takbiran di hari tasyriq, dan hari raya idul fitri secara berjama'ah, bila imam membaca setiap setelah sholat;

الله أكبر، الله أكبر، الله أكبر، لا إله إلا الله، الله أكبر، الله أكبر ولله الحمد

Kemudian diulangi oleh para jama'ah dengan suara yang satu, dan mengeraskan dengan koor mereka mengulanginya sebanyak tiga kali setelah sholat, dan selama tiga hari, Diketahui bahwa hal itu berlaku di sebagian desa/kota di wilayah selatan

ج: التكبير مشروع في ليلتي العيدين، وفي عشر ذي الحجة مطلقا، وعقب الصلوات من فجر يوم عرفة إلى آخر أيام التشريق؛ لقوله تعالى: { وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ } سورة البقرة الآية 185 وقوله تعالى: { وَاذْكُرُوا اللَّهَ فِي أَيَّامٍ مَعْدُودَاتٍ } سورة البقرة الآية 203 ونقل عن الإمام أحمد رحمه الله أنه سئل: أي حديث تذهب إلى أن التكبير من صلاة الفجر يوم عرفة إلى آخر أيام التشريق؟ قال: بالإجماع. لكن التكبير الجماعي بصوت واحد ليس بمشروع بل ذلك بدعة؛ لما ثبت عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال: « من أحدث في أمرنا هذا ما ليس منه فهو رد »[1] ولم يفعله السلف الصالح، لا من الصحابة، ولا من التابعين ولا تابعيهم، وهم القدوة، والواجب الاتباع، وعدم الابتداع في الدين.

Jawab: sesungguhnya Takbiran telah disyari'atkan pada malam dua hari raya, dan pada tanggal sepuluh dzulhijjah secara mutlaq, dan setelah sholat fajar pada hari 'arofah sampai akhir hari tasyriq, berdasarkan firman Alloh Ta'ala;".. hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur". Dan firman-Nya "Dan berdzikirlah (dengan menyebut) Allah dalam beberapa hari yang berbilang".QS. Al-baqoroh ayat 203

Dan telah dinukil dari imam Ahmad Rahimahulloh, ia ditanya;" Manakah hadits pijakan bahwa sesungguhnya takbiran dilakukan sejak sholat pada hari arofah sampai hari tasyriq?" Jawabnya;"berdasarkan Ijma'". Akan tetapi Takbiran Jama'i dengan suara yang satu tidak disyari'atkan, bahkan itu adalah bid'ah, telah tetap hadits dari Nabi Shollalohu 'alai wasalam " Barang siapa yang membuat perkara baru di dalam perkara kami (agama islam) pada apa yang tidak terdapat dari perkara kami, maka tertolak" Para salafu assholih tidak mengamalkannya, tidak dari jajaran sahabat, tidak dari jajaran tabi'in, dan tidak pula tabi'ihim, dan mereka adalah contoh/model, dan wajib mengikuti sunnah, dan menolak berbuat bid'ah didalam agama.

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم.

اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء

عضو // نائب رئيس اللجنة // الرئيس //

عبد الله بن غديان // عبد الرزاق عفيفي // عبد العزيز بن عبد الله بن باز //



[1] الإمام أحمد (6 / 270)، والبخاري (3 / 167)، و[مسلم بشرح النووي] (12 / 16)، وأبو داود (3) (5 / 12)، وابن ماجه (1 / 7).