Selasa, 22 September 2009

وجه الجمع بين حديث: (وإن تأمر عليكم عبد حبشي)

وبين حديث: (الأئمة من قريش)

Cara menggabungkan (pemahaman) antara dua hadits

( walaupun yang memimpin kalian adalah hamba habsyi)

dan hadits ( keimaman dari orang Quraisy)

السؤال

فضيلة الشيخ! ما وجه الجمع بين قول الرسول J: ( عليكم بالسمع والطاعة وإن تأمر عليكم عبد حبشي )، وقوله: ( الأئمة من قريش )؟ وهل يمكن أو يجوز لعبدٍ حبشي أن يكون إماماً أعظم؟ وهل يوجد في هذا الزمان إمام أعظم؟

Fadhilah Syaikh! Bagaimana cara mengumpulkan antara sabda Nabi J ; " Wajib bagi kalian mendengar dan ta'at meskipun yang menjadi pemimpin kalian adalah hamba Habsyi) dan sabda Nabi ( keimaman dari orang Quraisy), dan pakah mungkin atau boleh bagi hamba Habsyi menjadi imam a'dzom (imam dunia)? Dan adakah dijumpai imam a'dhom saat ini?

الجواب

نعم إذا يسر الله للعبد الحبشي أن يكون إماماً أعظم فليكن إماماً أعظم، والرسول عليه الصلاة والسلام إنما قال ذلك في الاختيار، إذا أردنا أن نختار إماماً للمسلمين فلنختر من قريش، ولكن من قريش من؟ الذين قاموا بالدين، أما مجرد الانتساب لقريش أو إلى الرسول عليه الصلاة والسلام فإنه ليس بفضيلة إلا إذا اقترن بالدين، لو جاءنا رجل من قريش وقال: إنه أحق بالإمامة من غيره وهو فاسق.

Jawab: Baik, Ketika Alloh memudahkan bagi hamba Habsyi untuk menjadi imam a'dzom, maka ia akan menjadi imam a'dzom (maksudnya bila ada seorang yang tadinya berstatus Budak habsyi, namun kemudian ia mampu berkuasa, karena mustahil seorang yang masih berstatus budak (tidak merdeka) dapat menjadi amir..), Dan Rosululloh J sesungguhnyalah ia bersabda demikian itu ( imam quraisy) didalam hal pemilihan ( imam yang diangkat melalui pemilihan), Jika kita menghendaki memilih seorang imam bagi kaum muslimin maka kita pilih dari orang quraisy, tetapi dari suku quraisy yang mana dia? Yaitu dari orang-orang yang menegakkan agama, adapun nasab asli quraisy ataupun nasab dari keturunan Rosululloh J, maka itu bukan suatu keutamaan kecuali digandeng dengan (syarat) agama (ia faqih), seandainya datang seorang quraisy kemudian berkata bahwa ia lebih berhak dengan keimaman dari pada orang lain akan tetapi ia Fasik

قلنا: لا، لأن من شرط الإمامة عند ابتداء الاستخلاف: أن يكون عدلاً، لكن لو أن أحداً قهر الناس وحكمهم فإنه يجب له السمع والطاعة، ولو كان عبداً حبشياً كأن رأسه زبيبة، ففرق بين الاختيار وبين أن يَسطو أحد ويستولي على الناس بقوته، فهنا نقول: نسمع ونطيع ولا ننابذ إلا أن نرى كفراً بواحاً عندنا فيه من الله برهان.

Maka kita katakan; "tidak" seandaiya ada seseorang yang menaklukkan/menguasai manusia dan hukum mereka (manusia tunduk dibawah hukumnya), maka wajib untuk mendengar dan ta'at kepadanya, walaupun ia tadinya hamba Habsyi yang kepalanya seperti kismis. Maka berbeda antara ( mengangkat imam ) dengan cara pemilihan dengan seseorang yang mencuri (mengambil alih keamiran) dan mengatur manusia dengan kekuatan, maka disini kami katakan; " kami dengar dan kami ta'at dan kami tidak menentang, kecuali kami melihat kekafiran yang jelas yang menurut kami ada dalil dari Alloh (tentang kekafiran tersebut).

ولا يوجد إمام أعظم، وهذا من زمان، الإمامة العامة فقدت من وقت وعهد الصحابة رضي الله عنهم، ألم تعلم أن عبد الله بن الزبير كان خليفةً في مكة و الحجاز ، وأن بني أمية في الشام وما والاها، وأن فرقة أخرى في العراق ؟ لكن من تولى على قطعة من الأرض وصار إمامها فهو إمام.

الكتاب : لقاء الباب المفتوح 19/185

المؤلف : محمد بن صالح بن محمد العثيمين (المتوفى : 1421هـ)

Dan tidak dijumpai imam a'dzom, dizaman ini, Keimaman Umum (sedunia) telah lama lenyap sejak masa sahabat rodhiallohu 'anhu, apakah enkau tidak mengetahui bahwa Abdulloh bin zubair telah menjadi kholifah di Makkah dan Hijaz, dan Bani Ummayah menjadi kholifah di syam dan sekitarnya, dan golongan lainnya di iraq? Akan tetapi barang siapa yang mengatur pada satu bagian di Bumi dan ia menjadi pemimpinnya maka dia adalah imam ( di negara tersebut )

Dinukil dari kitab: Liqo Bab maftuh Syaikh al-utsaimin 19/185