HUKUM BERBAI'AT KEPADA AMIR-AMIR JAMA'AT ISLAMYAH

Rabu, 19 Agustus 2009

حكم بيعة أمراء الجماعات الإسلامية

السؤال: فضيلة الشيخ: بالنظر إلى العالم الإسلامي اليوم نجد أن هناك كثيراً من الجماعات التي تدعو إلى الإسلام، وكل منهم يقول: أنا على منهج السلف ، ومعي الكتاب والسنّة، فما هو موقفنا نحو هذه الجماعات، وما حكم إعطاء البيعة لأمير من أمراء هذه الجماعات؟

Pertanyaan: Fadhilatu As-syaikh, melalui pengamatan di dunia Islam terkini, kami menjumpai disana banyak sekali Jama'ah-jama'ah yang berdakwah pada islam, dan setiap mereka mengatakan: Kami berada diatas manhaj salaf ( meniti jalan salafus as-sholih) dan bersama kami Kitabulloh dan As-sunnah, maka apakah sikap kita pada semisal jama'ah-jama'ah ini? Dan apa hukumnya memberikan bai'at kepada amir dari amir-amir jamaah-jamaah ini?

الجواب: الحكم في هذه الجماعات التي تدعي كل طائفة منها أنها على الحق سهل جداً، فإنا نسألهم: ما هو الحق؟ الحق ما دل عليه الكتاب والسنة، والرجوع إلى الكتاب والسنة يحسم النـزاع لمن كان مؤمناً، أما من اتبع هواه فلا ينفع فيه شيء، قال الله تعالى: فَإِنْ تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللَّهِ وَالرَّسُولِ إِنْ كُنتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ ذَلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلاً [النساء:59].

Jawaban: Hukum terhadap jama'ah-jama'ah yang setiap kelompok mengaku bahwa ia berada diatas kebenaran adalah sangat mudah, Kita tanyakan kepada mereka apakah al-haq itu? Al-haq adalah apa-apa yang ditunjukkan oleh Al-qur'an dan As-sunnah, dan kembali pada Al-qur'an dan As-sunnah memutus perselisihan bagi orang yang beriman, adapun orang yang mengikuti hawa nafsunya maka tidak bermanfaat sedikitpun. Firman Alloh;"kemudian jika kamu berlainan Pendapat tentang sesuatu, Maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya".(AN-nisa-59)

فنقول لهذه الجماعات: اجتمعوا ولينزع كل واحد منكم هواه الذي في نفسه، ولينو النية الحسنة أنه سيأخذ بما دلَّ عليه القرآن والسنة مبنياً على التجرد من الهوى، لا مبنياً على التقليد أو التعصب؛ لأن فهم الإنسان للقرآن والسنة على حسب ما عنده من العقيدة والرأي لا يفيده شيئاً؛ لأنه سوف يرجع إلى عقيدته. ولهذا قال العلماء كلمة طيبة، قالوا: يجب على الإنسان أن يستدل ثم يبني، لا أن يبني ثم يستدل؛ لأن الدليل أصل والحكم فرع، فلا يمكن أن يُقلب الوضع ونجعل الحكم الذي هو الفرع أصلاً، والأصل الذي هو الدليل فرعاً. ثم إن الإنسان إذا اعتقد قبل أن يستدل ولم تكن عنده النية الحسنة صار يلوي أعناق النصوص من الكتاب والسنة إلى ما يعتقده هو، وحصل بذلك البقاء على هواه، ولم يتبع الهدى. فنقول لهذه الطوائف التي تدعي كل واحدة منها أنها على الحق: تفضل. ائت بنية حسنة مجردة عن الهوى والتعصب وهذا كتاب الله وهذه سنة رسول الله صلى الله عليه وسلم، ولولا أن فيهما حل النزاع ما أحال الله عليهما، فإن الله لا يحيل على شيء إلا والمصلحة فيه: فَرُدُّوهُ إِلَى اللَّهِ وَالرَّسُولِ [النساء:59] لكن البلاء الذي يحصل من عدم الاتفاق على الكتاب والسنة بسبب -فقط- الشرط الذي في الآية: إِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ [النساء:59]

فإن بعض الناس قد يرجع إلى الكتاب والسنة لا عن إيمان، ولكن عن هوىً وتعصب لا يتزحزح عنه، فهذا ليس فيه فائدة. ولكن على من هم على الكتاب والسنة، أن يستعينوا بالله عز وجل على هذه الطوائف وسيتبين الحق من الباطل، فقد قال الله عز وجل: بَلْ نَقْذِفُ بِالْحَقِّ عَلَى الْبَاطِلِ فَيَدْمَغُهُ فَإِذَا هُوَ زَاهِقٌ وَلَكُمُ الْوَيْلُ مِمَّا تَصِفُونَ [الأنبياء:18].

Kami katakan pada Jama'ah-jama'ah ini: Bersatulah kalian, dan cabutlah/hilangkanlah hawa nafsu yang berada didalam hati masing-masing kalian, dan lunakkanlah niat baik yang akan mendapatkan petunjuk pada Al-qur'an dan As-sunnah yang terbangun bersih dari hawa nafsu, bukan dibangun diatas taklid dan ta'asub (mementingkan golongan), karena sesungguhnya pemahaman seseorang terhadap Al-qur'an dan As-sunnah seiring dengan aqidahnya/keyakinannya, adapun ro'yu tidak menunjukkan apa-apa. Karena sesungguhnya seseorang kembali pada aqidahnya

Oleh karenanya,'ulama telah berkata dengan perkataan yang baik. Mereka berkata wajib bagi seseorang untuk mencari/mengambil pendalilan baru kemudian membangun (keyakinan dari pendalilan tsb-pent), bukan membangun (keyakinan) baru mencari pendalilan, karena sesungguhnya dalil adalah dasar dan hukum adalah cabang. Dan tidak mungkin kita balik penerapannya, kita jadikan hukum yang merupakan cabang menjadi dasar, dan dasar yaitu dalil menjadi cabang. Kemudian sesungguhnya manusia ketika berkeyakinan sebelum mencari pendalilan dan tidak terdapat padanya niat baik maka jadilah ia mengikat/mencekik nash-nash dari Al-qur'an dan As-sunnah disesuaikan dengan aqidahnya, akhirnya langgeng pada hawa nafsu, dan ia tidak mengikuti petunjuk.

Maka kita tanyakan pada kelompok-kelompok ini yangt semuanya mengaku berada diatas kebenaran/al-haq, silahkan; engkau membawa niat baik dan bersih dari hawa nafsu dan ta'asub, dan ini kitabulloh dan ini sunnah rosululloh SAW, kalau seandainya keduanya tidak dapat mengurai perbedaan pendapat,maka alloh tidak menurunkan keduanya, sesungguhnya Alloh tidak menurunkan sesuatu kecuali terdapat maslahat padanya.dalilnya: kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya),akan tetapi bala' bagi orang yang menolak bersepakat atas Al-qur'an dan As-sunnah, bedasar sebab syarat pada ayat; jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian.

Sebagian dari manusia kembali pada Al-qur'an dan as-sunnah bukan dengan keimanan tetapi dari hawa nafsu dan ta'asub yang tidak bisa pindah, maka ini tidak ada manfaatnya. Tetapi bagi orang yang mengutamakan Kitab dan sunnah, mereka minta pertolongan pada Alloh 'azza wajalla atas kelompok-kelompok ini seraya menjelaskan kebenaran dari kebatilan, Firman Alloh;

18. Sebenarya Kami melontarkan yang hak kepada yang batil lalu yang hak itu menghancurkannya, Maka dengan serta merta yang batil itu lenyap. dan kecelakaanlah bagimu disebabkan kamu mensifati (Allah dengan sifat-sifat yang tidak layak bagi-Nya).

أما بالنسبة لإعطاء البيعة لرجل فهذا لا يجوز؛ لأن البيعة للولي العام على البلد، وإذا أردنا أن نقول: إن كل إنسان له بيعة تفرقت الأمة، وأصبح البلد الذي فيه مائة حي من الأحياء له مائة إمام ومائة ولاية وهذا هو التفرق، فما دام [1]في البلد حكم شرعي فإنه لا يجوز إعطاء البيعة لأي أحد من الناس. أما إذا كان الحاكم لا يحكم بما أنزل الله، فإن هذا له أحوال قد يكون هذا كفراً، وقد يكون ظلماً، وقد يكون فسقاً بحسب ما تقتضيه النصوص الشرعية،

Adapun penetapan memberikan bai'at kepada seorang rojul, maka ini tidak boleh, karena bai'at (diberikan) untuk waliyu al-'am ( pemimpin umum ) pada suatu negeri, ketika saya hendak berkata : bila setiap insan dibai'at maka terpecah belah ummat ini.Dan jadilah di negara itu ratusan desa/distrik dan ratusan bai'at dan ini adalah perpecahan. Maka selama disuatu negara terdapat hukum syar'I,maka tidak boleh memberikan bai'at kepada seseorang dari manusia. Ada kalanya ketika ada penguasa tidak berhukum dengan hukum Alloh, maka pada keadaan ini ia menjadi kafir, atau menjadi dholim ataupu fasik sesuai dengan timbangan hukum nash-nash syar'i ( ada pembahasan khusus dalam merinci masalah ini-pent[2] ),

وعلينا إذا كان هذا الحاكم مصراً على كفر بواح عندنا فيه من الله برهان أن نسعى لإزالته ما استطعنا، لكن ليس علينا أن نقوم في وجهه، وليس معناه الخروج بالقوة؛ لأن هذا تَهَوَّرَ[3] مخالف للشرع وللحكمة، ولهذا لم يُؤمر النبي صلى الله عليه وسلم بالجهاد في مكة ؛ لأنه ليس معه قوة يستطيع بها أن يخرج هؤلاء من مكة أو يقتلهم، فكون هؤلاء النفر القليل الذين هم عزّل من السلاح المقابل لسلاح الحُكومة[4] يقومون على الحكومة لا شك أن هذا تهور مخالف للحكمة. إذا رأيت كفراً بواحاً عندك فيه من الله برهان فانتظر الشرط الخامس وهو القدرة؛

Dan tetap atas kita, bila penguasa negara berada pada kekafiran yang nyata disisi kami dengan burhan/dalil dari Alloh, bahwa kita berjalan untuk uzlah semampu kita, akan tetapi kita tidak berdiri didepannya (menantangnya/mendemo-pent), dan tidak keluar dengan kekuatan (memberontak), karena ini adalah perbuatan yang tergesa-gesa/semberono yang menyelisi pada syari'at dan hikmah. Dan oleh karenanya Nabi shallallahu’alaihi wasalam tidak memerintahkan jihad di Makkah, karena belum memiliki kekuatan yang mampu untuk keluar dari Makkah atau memerangi orang kafir, - maka jadilah kelompok yang kecil ini uzlah dengan membawa pedang berhadapan dengan pedang pemerintah, mereka berhadapan dengan pemerintah, tidak diragukan lagi bahwa ini adalah tindakan semberono menyelisihi hikmah.

Ketika engkau melihat kekufuran yang nyata disisimu dengan dalil dari Alloh, maka tunggulah syarat yang ke-lima yaitu kekuatan.

لأن النبي صلى الله عليه وسلم لم يأذن بالخروج على الأئمة إلا بشروط وهي: أن نرى كفراً بواحاً عندنا فيه من الله برهان، فشرط الوجوب أن يكون لدينا القدرة على إزالة هذا الحاكم وحكومته، أما بلا قدرة فالإنسان يجب عليه أن ينتظر الفرج[5] من الله عز وجل وألا يناهض[6] من يقضي عليه وعلى طائفته وعلى الآخرين.

Karena sesungguhnya Nabi shallallahu’alaihi wasalam. Tidak mengijinkan keluar dari (ketaatan) imam kecuali dengan beberapa syarat, yaitu;

Kita melihat adanya kekufuran yang nyata degan dalil dari Alloh, maka syarat wajib adalah adanya kekuatan uzlah dari penguasa dan pemerintahannya, adapun bila tidak ada kekuatan, maka bagi insan wajib baginya menunggu jalan keluar dari Alloh dan tidak menantang/memjadi opposan pada orang akan mengkumnya dan berat atas kelompoknya dan orang lain.

وقوله: (أن تروا) أي: أنتم بأنفسكم فلا يكفي النقل؛ لأنه قد ينقل الشيء على غير وجهه، وقوله: (كفراً) يعني: لا فسقاً، فالحاكم لا يجوز الخروج عليه لو فسق بأكبر الفسوق ما عدا الكفر، يعني: لو كان يزني أو يشرب الخمر أو يقتل بغير حق لا استحلالاً ولكن ظلماً، فإنه لا يجوز أن نخرج عليه، وقوله: (بواحاً) أي: صريحاً لا يحتمل التأويل، أما الكفر الذي يحتمل التأويل فقد يكون هذا الحاكم فيه متأولاً. وقوله: (فيه من الله برهان) يعني: عندنا دليل من الكتاب والسنة دون الأقيسة التي قد تخطئ وتصَيَّب. هذه أربعة شروط، والشرط الخامس لوجوب الخروج عليه: القدرة، وهذا الشرط -أَعْنِي القدرة- شرط في كل واجب؛ لقول الله تعالى: لا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْساً إِلَّا وُسْعَهَا [البقرة:286] ولقوله: فَاتَّقُوا اللَّهَ مَا اسْتَطَعْتُمْ [التغابن:16].

Dan sabdanya Nabi: (أن تروا) Engkau melihat,maksudnya engkau melihat sendiri tidak cukup dinukil dari orang lain, karena terkadang sesuatu telah dinukil dengan tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya

Dan sabda Nabi: (كفراً) Kafir, bukan (sekedar) fasiq, maka tidak boleh keluar dari pemerintah walaupun fasiq dengan lebih besarnya fasiq selama tidak kafir. Yakni walaupun ia telah berzina, minum arak, atau membunuh orang lain tanpa haq bukan karena menghalalkan pembunuhan tetapi karena kedholiman, maka sesungguhnya kita tidak boleh keluar (dari ketaatan) dari imam

Dan Sabda Nabi: (بواحاً) yaitu, dengan jelas tidak mengandung takwil,adapun kekafiran yang mengandung takwil, maka penguasa yang mentakwilkannya.

Dan ucapan Nabi: (فيه من الله برهان) menurut kita terdapat dalil dari Kitabullah dan As-sunnah bukan qiyas-qiyas yang sungguh salah dan (mendung) tidak jelas. Inilah empat syarat, adapun syarat yang ke lima yang mewajibkan keluar dari Amir/penguasa adalah Kekuatan, - lebih kuatnya kekuatan - . sebuah Syarat dalam setiap (melaksanakan) kewajiban-berdasarkan firman Alloh;"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya".(al-baqoroh-286) "Maka bertakwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu" (at-taghobun-16)

فهؤلاء الإخوة الذين يريدون أن يكوِّنوا طوائف لكل طائفة أمير بناءً على أن الحاكم عندهم ليس حاكماً شرعياً في نظرهم، نقول لهم: لا يجوز لكم تَفْتِيْت الأمة بأن يكون لكل طائفة أمير، هذا خطأ عظيم، وقد أخبر الله نبيه صلى الله عليه وسلم أنه ليس من هؤلاء في شيء، لكن عليهم أن يعدوا أنفسهم لإزالة هذا الحاكم الذي انطبقت عليه شروط جواز الخروج على الحاكم حتى يقويهم ويعينهم على إزالته.

Maka mereka itulah al-ikhwah (ikhwanu al-muslimin), adalah orang-orang yang menghendaki untuk menciptakan/membuat kelompok-kelompok tiap-tiap kelompok dibangun keamiran diatas bahwa penguasa menurut mereka bukanlah penguasa yang syar'I dalam pandangan mereka. Aku katakan pada mereka: tidak boleh bagi kalian menghancurkan umat dengan adanya masing-masing kelompok ada seorang amir. Ini adalah kesalahan besar. Dan Alloh telah mengkabarkan kepada Nabi-Nya shallallahu’alaihi wasalam bahwa dia (Nabi) tidak ada sedikitpun tanggung jawab kepada mereka. Akan tetapi berat atas mereka sendiri karena uzlah mereka kepada penguasa, yaitu orang yang menerapkan syarat bolehnya keluar dari penguasa sehingga mereka kuat dan jelas rincian atas uzlahnya (DINUKIL DARI KITAB LIQO BAB MAFTUF SYAIKH AL-UTSAIMIN)



[1] selama

[2] Bacalah kitab fitnah takfir

[3] Tindakan yang tergesa-gesa/semberono

[4] pemerintah

[5] Keluasan/jalan keluar/kelonggaran

[6] Menantang/opposan